728×90

Tanaman Herbal Mentimun

| August 26, 2012 | 0 Comments

TANAMAN HERBAL MENTIMUN

Nama latin : Cucumis sativus

Nama lokal : Mentimun

Gamabr mentimun 150x150 Tanaman Herbal Mentimun

Mentimun

Diskripsi : Ketimun bisa dibudidayakan dimana-mana, baik di ladang, halaman rumah atau di rumah kaca. Tanaman ini tidak tahan terhadap hujan yang terus menerus. Pertumbuhannya memerlukan kelembaban udara yang tinggi, tanah subur yang gembur dan mendapat sinar matahari penuh dengan drainage yang baik. Ketimun sebaiknya dirambatkan ke para-para dan tumbuh baik dari dataran rendah sampai 1.300 m dpl. Tanaman ini diduga berasal dari daerah pegunungan Himalaya di India Utara. Tanaman semusim, merayap atau merambat, berambut kasar, berbatang basah, panjang 0,5-2,5 m. Tanaman ini mempunyai sulur dahan berbentuk spiral yang keluar di sisi tangkai daun. Daun dan tangkai muda bisa dimakan sebagai lalap mentah atau dikukus. Buahnya bisa dimakan mentah, direbus, dikukus atau disayur. Bisa juga dibuat acar atau dimakan bersama rujak. Banyak jenis ketimun yang ada di pasar, seperti ketimun biasa, ketimun krai, ketimun wuku, ketimun poan dan ketimun watang. Perbanyakan dengan biji.

Berikut adalah ciri-ciri tumbuhan herbal mentimun :

  • Daun tunggal, letak berseling, bertangkai panjang, bentuknya bulat telur lebar, bertaju 3-7, dengan pangkal berbentuk jantung, ujung runcing, tepi bergerigi. Panjang 7-18 cm, lebar 7-15 cm, warnanya hijau
  • Bunganya ada yang jantan berwarna putih kekuningan, dan bunga betina yang bentuknya seperti terompet.
  • Buah bulat panjang, tumbuh bergantung, warnanya hijau berlilin putih, setelah tua warnanya kuning kotor, panjang 10–30 cm, bagian pangkal berbintil, banyak mengandung cairan.
  • Bijinya banyak, bentuknya lonjong meruncing pipih, warnanya putih kotor.

Zat-zat yang terkandung didalam herba mentimun adalah sbb : Protein sebanyak o,65 %, lemak o,1 % dan karbohidrat sebanyak 2,2%. Juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C. Biji timun sendiri mengandung racun alkoloid jenis hipoxanti, yang berfungsi untuk mengobati anak-anak yang menderita cacingan.

Berikut adalah beberapa khasiat herba mentimun :

  1. Tekanan darah tinggi : Buah mentimun segar 2 buah, cuci, parut dan setelah diparut saring. Minum sekaligus, 2 – 3 x sehari.
  2. Sebagai obat sariawan : Setiap hari makanlah mentimun sebanyak 9 buah, lakukan secara rutin sampai sembuh.
  3. Sebagai obat herba pembersih ginjal : Ambil buah mentimun segar, cuci, parut dan saring, minum sedikit demi sedikit sampai lambung terbiasa menerima cairan ketimun.
  4. Sebagai obat demam : Ambil mentimun secukupnya, cuci, parut dan hasil parutannya letakkan diatas perut.
  5. Sebagi obta jerawat : Ambil timun, cuci, iris-iris dan letakkan  dan gosokkan irisan timun tersebut pada kulit yang kena jerawat tersebu. Lakukan setiap hari.
  6. Sebagai obat untuk melancarkan haid : Ambil daun sosor bebek 10 lembar, labu air 5 jari, 5 buah majakan, 1 buah mentimun, 10 lembar daun dadap serep, 10 lembar daun sambang colok, air garam secukupnya, giling halus semua bahan. Setelah halus tempelkan diatas perut dan balut. Lakukan 2 x sehari.
  7. Bisa juga sebagai masker wajah.

Sumber : www.dinkes.cilacapkab.go.id

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)

Tag :
460×60 Cara Pesan Produk Online Baitulherbal.com

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: