Tanaman Herbal Pepaya

| September 21, 2012 | 0 Comments

 

Tanaman herbal
gambar pohon pepaya

Kamu pernah makan pepaya ? Pasti pernah ,karena selain mudah didapat dan rasanya enak ,manis,menyehatkan dan harganya terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.

Banyak sekali manfaat dari tumbuhan ini ,buahnya sebagai pencuci mulut , daun dan bunganya untuk obat, getahnya bisa untuk melunakkan daging.

Pepaya (Carica Papaya ) merupakan tumbuhan yang berbatang tegak dan basah. Pepaya menyerupai palma dan berasal dari suku Caricaceal.Bunganya berwarna putih ,buahnya besar ada yang bulat dan ada yang lonjong ,kulitnya berwarna hijau. Daging buahnya kalau masih muda berwarna putih kehijauan. Kalau sudah tua ada yang berwarna merah jingga .Di dalam buah terdapat banyak biji ,warnanya hitam.

Tinggi pohon pepaya dapat mencapai 8 – 10 meter dengan akar yang kuat . Helaian daunnya  menyerupai telapak tangan manusia . Apabila daun pepaya tersebut dilipat menjadi dua bagian persis di tengah, nampak daun pepaya tersebut simetris . Daun pepaya muda biasanya dipakai lalapan . Agar rasany tidak pahit , pada waktu memasaknya dicampur dengan daun singkong .

Pepaya memiliki beberapa nama local misanya;  “Papaw” (Inggris), “Pepaya” (Indonesia), “Gedang” (Sunda), Betik, Kates, Telo Gantung” (Jawa).

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: