TANAMAN HERBAL RUMPUT BELANG

| August 13, 2012 | 0 Comments

A. Tanaman Herbal Rumput Belang

  • Nama ilmiah : Zebrina pendula Schnizl
  • Nama daerah : Rmput belang
  • Nama asing : diao zhu mei

B. Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis

Rumput belang kaya kandungn kimia, beberapa yang sudah diketehui antara lain kalsium oksalat dan gummi yang terdapat pada batang dan daun tanaman anggota familli Commelinaceae ini bersifat manis, dingin, dan agak beracun.

C. Cara Budi Daya

Perbanyakkan rumput belang dengan setek batang. Pemeliharaan mudah, perlu cukup air dengan cara penyiraman yang cukup, menjaga kelembaban, dan pemupukan, terutama pupuk dasar.

D. Bagian Tanaman yang Digunakan dan pemanfaatannya

Seluruh bagian tanaman dapat dimanfaatkan untuk mengatasi beragam penyakit.

  1. Batuk darah : Ambil 7 gr tanaman segar termasuk bagian akar. Setelah dicuci bersih, tumbuk tanaman hingga halus. Dengan kain perca, peras tumbukan itu hingga air keluar, lalu minum.
  2. Disentri kronis : Ambil 150 gr rumput belang segar dan cuci bersih lalu tambahkan 30 gr beras putih yang telah disanggrahi sampai kuning, rebus kedua bahan tersebut dalam 6 gelas air bersih. Setelah mendidih, diamkan hingga air tersisa 3 gelas. Minum air rebusan itu sehari 32 kali, masing-masing 1 gelas.
  3. Bisul : Ambil tanaman segar secukupnya, lalu cuci bersih dan lumatkan. Hasilnya dibubuhkan diatas bisul dan sekitarnya.
  4. Keputihan : Jumlah bahan dan cara pengolahan sama dengan no. 2 / disentri kronis.
  5. Kencing nanah : Kira-kira 75 gr rumput belang segar dicuci bersih. Lalu, rebus dengan 5 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 mangkuk. Minum hasil rebusan 2 x sehari, masing-masing 1/2 mangkuk.

Sumber : Buku Tumbuhan Obat dan khasiatnya

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: