TANAMAN HERBAL SAGA RAMBAT

| August 20, 2012 | 0 Comments

A. Tanaman Herbal Saga Rambat

  • Nama Ilmiah : Abrus Precantorius L.
  • Nama Daerah : thaga ( Aceh ), Saga rambat, saga telik ( Jawa ), ghak-saghakan lakek ( Madura ), saga areuy, saga leutik ( Sunda ), saga biji ( Melayu ), kanderi ( Lampung )
  • Nama Asing : xiang siji ( Cina ), crab’s eyes, bead tree ( Inggris ), Paternosterboontjes, jequirity, gunchi.

B. Kandungan Kimia dan Efekfarmologis

Saga kandungan kimia seperti abrine, abraline, L (+)-Hypaphorine, precatorine, chline, trigonelline, squalene, B-amyrin, abrussic, acid, dan asam galat ( biji ). Sementara akar, batang dan daun mengandung glycyrrhisic. Anggota familli leguminoceae itu memiliki sifat pedas, pahit, netral, dan sangat beracun ( biji ), saga juga bermanfaat untuk mengatasi parasit, anti radang, diuretik atau peluruh urine. Akar sebagai emetikum atau perangsang muntah, sedangkan daun sebagai penyuejuk pada kulit dan selaput lendir.

C. Cara Budi Daya

Perbanyakan tanaman dengan biji, pemeliharaan mudah, perlu cukup air dengan penyiraman yang memadai, menjaga kelembaban dan pemupukan.

D. Bagian Tanaman yang Digunakan dan Pemanfaatan

Biji, akar, batang dan daun dapat digunakan sebagai bahan baku obat

  1. Infeksi cendawan, radang kulit bernanah, dan eksim : Ambil biji saga secukupnya, lalu cuci bersih dan tumbuk halus. Setelah itu, tambahkan minyak kelapa atau VCO kedalam ramuan dan aduk hingga rata. Oleskan campuran itu ke bagian tubuh yang sakit.
  2. Hepatitis / Sakit tenggorokan : Cuci bersih 17 gr akar dan batang, setelah dipotong-potong menjadi bagian yang lebih kecil. Rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa menjadi 1 gelas. Setelah dingin, saring hasil rebusan, minum ramuan 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.
  3. Serak dan amandel : Sekitar 7 gr daun segar atau 4 gr daun kering dicuci bersih. Seduh daun itu dengan 1/2 cangkir air mendidih dan diamkan beberapa saat. Ketika dingin, saring seduhan itu dan minum sekaligus. Lakukan pengobatan 2 x sehari dengan dosis yang sama.
  4. Bronkitis : Cuci bersih 17 gr daun segar. Rebus daun itu dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring hasil rebusan, dan minum 1 x sehari, masing-masing 1 gelas. Lakukan pengobatan selama 7 hari.
  5. Keracunan biji saga : Gejala yang ditimbulkan akibat keracunan biji saga diantaranya nafsu makan berkurang, mual, muntah, akit perut, diare, susah bernafas, kulit kebiru-biruan, dan sirkulasi darah menurun. Keracunan juga dapat menyebabkan kencing darah sampai kematian. Pebgobatan awal penderita dibuat muntah. Selain itu, penderita diberi obat dengan ramuan  gr Gan cao dan  gr jin yin hua yang ditambahkan  mangkok air. Setelah itu, ramuan direbus sampai tersisa  mangkok dan disaring. Minum ramuan sekaligus

PERHATIAN

Biji saga mengandung beberapa macam protein yang sangat beracun, maka dianjurkan untuk berhati-hati.

 

Sumber : Buku Tumbuhan Obat dan Khasiatnya

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: