TANAMAN HERBAL SALAM KOJA / SICEREK

| August 18, 2012 | 4 Comments

Tanaman Herbal Salam Koja

Kandungan kimia dan efek farmologis : Kandung kimia salam koja antara lain saponin, flafonoid dan tanin. Efek farmologis salm koja yaitu bersifat antibiotik dan anti-inflamasi.

Cara budi daya : perbanyakkan tanaman dengan biji, pemeliharaan mudah, perlu cukup air dengan penyiraman yang memadai, menjaga kelembaban dan pemupukan terutama pupuk dasar. Salam koja tumbuh baik didaerah yang memiliki suhu sedang hingga dingin.

Bagian tanaman yang digunakan dan pemanfaatannya :

  1. Luka baru : Cuci bersih 5 gr daun segar, lalu tumbuk sampai lumat. Tempelkan ramuan diatas luka dengan kain bersih.
  2. Obat cacing : Ambil 9 lembar daun segar, lalu cuci dan potong kecil-kecil, seduh daun dengan 1 cangkir air mendidih. Minum ramuan selagi hangat.
  3. Diare dan disentri : Ambil 9 lembar daun segar, lalu cuci bersih dan potong kecil-kecil. Seduh daun dengan 1 cangkir air mendidih. Minum ramuan selagi hangat.
  4. Demam nifas dan sakit kepala : Ambil 9 lembar daun segar lalu cuci bersih dan potong kecil-kecil. Seduh daun dengan 1 cangkir air mendidih. Minum ramuan selagi hangat.

Sumber : Buku Tumbuhan Obat dan khasiatnya

Category: Tanaman Herbal

Comments (4)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. agus says:

    Assalamualaikum wr.wb.. Bpk/ibu saya tertarik sekali dengan manfaat daun salam koja ini dan ingin menanamnya di halaman rumah, saya sudah cari dimana2 di kota saya namun tidak ada. Apa saya dapat membeli bibit atau bijinya di tempat bpk/ibu..? Dan berapa harganya + ongkos kirimnya ke tempat saya di Tuban jawa timur..?

    • baitulherbal says:

      Terima kasih Bapak telah menghubungi kami, dan kami mohon maaf ditempat kami untuk saat ini belum melayani pesanan bibit tanaman. yang ada adalah herbal dalam bentk yang sudah jadi bapak ( Kapsul ).

  2. cori says:

    Waah terima kasih atas ulasan ttg manfaat salam kojanya. Saya dirumah punya pohon tersebut tp belum tau manfaatny secara detail (tnyt tidak hanya untuk penyedap masakan saja).
    O iya, untuk pak agus, kalau mau bibit salam koja coba aja browsing2 di internet pasti ada yg jual bibitnya. Karena saya juga beli bibit salam koja via online (tp maaf saya lupa nma web nya)

Leave a Reply

%d bloggers like this: