TANAMAN HERBAL SALVIA

| August 17, 2012 | 0 Comments

Tanaman Herbal Salvia

Kandungan kimia dan efek farmologis : Sifat kimiawi selvia yang sudah diketahui antara lain saponin, polifenol, dan flavonoid. Efek farmologis anggota famili labiataceae itu memiliki sifat yang rasa manis dan netral. Tanaman ini bersifat sebagai penurun panas.

Cara budi daya : prbanyakan dengan tanaman dan setek, pemeliharaan mudah, perlu cukup air dengan cara penyiraman yang memadai, menjaga kelembaban dan pemupukan, terutama pupuk dasar, salvia menghendaki tempat yang cukup sinar matahari. Sebagai tanaman obat, hindari pemupukan dengan pupuk kimia dan semprotan pistisida semprotan kimia.

Bagian tanaman yang digunakan dan pemanfaatannya : bagian tanaman dan akar

  1. Demam : Ambil tanaman segar secukupnya, tumbuk tanaman hingga seperti bubur, lalu tambahkan air, gunakan ramuan sebagai bahan untuk mengompres.
  2. Bisul dan luka terpukul : Ambil tanaman segar secukupnya, tumbuk tanaman hingga seperti bubur, lalu tambahkan air, balurkan ramuan pada bagian tubuh yang sakit atau diatas bisul.
  3. Terkilir dan bengkak : Ambil tanaman segar secukupnya, tumbuk tanaman hingga seperti bubur, lalu tambahkan air, balurkan ramuan pada bagian tubuh yang sakit atau bagian tubuh tang tergilir atau bengkak.
  4. perut mulas dan sebah : Cuci bersih 5 gr akar segar dibawah air mengalir. Kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dengan api kecil selama 25 menit. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan minum sekaligus.

Sumber : Buku Tumbuhan Obat dan Khasiatnya

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: