TANAMAN HERBAL SAMBANG COLOK

| August 23, 2012 | 0 Comments

A. Tanaman herbal sambang colok

  • Nama ilmiah : Aerva sanguinolenta BI
  • Nama daerah : Kisambang , gondang kasih, sambang colok

B. Kandungan kimia dan efek farmakologis

Sambang colok kaya akan kandungan kimia seperti saponin, polifenol, flavonoid, dan minyak asiri. Anggota familli Amaranthaceae itu memiliki sifat diuretik, anti flamasi, dan antipiretik.

C. Cara budi daya

Perbanyakkan sambang colok dengan setek batang. Pemeliharaan mudah, perlu cukup air dengan penyiraman yang memadai,menjaga kelembaban dan pemupukan terutama pupuk dasar. Sambang colok menghendaki tempat yang cukup sinar matahari. Sebagai tanaman obat, hindari penggunaan pupuk dan pestisida kimia.

D. Bagian tanaman yang digunakan dan pemanfaatannya

Bahan tanaman yang digunkan sebagai bahan baku obat tradisional adalah daun untuk mengatasi beragam penyakit seperti berikut :

  1. Nyeri haid : Cuci bersih  gr daun segar. Rebus bahan dalam  gelas selama 15 menit. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan minum sekaligus.
  2. Sulit berurine : Cuci bersih  10 gr daun segar. Rebus bahan dalam 1 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin saring dan minum sekaligus.
  3. Radang rahim : Ambil 20 gr daun segar, lalu cuci bersih. Rebus dengan 3 gelas air selama 15 menit. Saring hasil rebusan setelah dingin, minum ramuan sekaligus.

Sumber : Buku Penyembuhan Obat dan Khasiatnya

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: