TANAMAN HERBAL SAMBANG DARAH

| August 24, 2012 | 1 Comment

Tanaman herbal sambang darah / ki sambang / daun remek daging

A. Kandungan kimia dan efek farmologis

Kandungan kimia sambang darah antara lain tanin, asam berhenat, triterpenoid, eksokarol, dan silosterol, getah mengandung resin dan senyawa yang sangat beracun. Tanaman ini memiliki sifat pedas hangat dan beracun. Sambang darah pemanfaatannya untuk membunuh parasit, obat gatal, dan menghentikan pendarahan seperti pada kasus pendarahan waktu haid dan melahirkan, disentri, batuk darah, muntah darah, serta luka berdarah.

B. Cara budi daya

Sambang darah diperbanyak dengan biji atau setek. Anggota familli Euphorbiaceae itu mudah dipelihara jika ketersediaan air mencukupi dengan penyiraman rutin, menjaga kelebaban, dan pemupukan, terutama pupuk dasar.

C. Bagian tanaman yang digunakan dan pemanfaatannya

Bagian tanaman sambang darah yang biasa dimanfaatkan untuk pengobatan adalah akar, daun dan ranting untuk mengatasi beragam penyakit seperti berikut ini :

  1. Disentri : Cuci bersih 15 lembar daun, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan minum 2 x sehari, masing-masing 1 gelas.
  2. Pendarahan haid : Cuci bersih ranting sambang darah sebesar jari kelingking, lalu potong kecil-kecil. Rebus ranting dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga airnya tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin, saring, minum ramuan 3 x sehari masing-masing 1/2 gelas.
  3. Muntah darah dan batuk darah : Cuci 13 lembar daun segar, lalu tumbuk halus. Rebus hasil tumbukan dengan 1/2 cangkir air matang, lalu tambahkan sedikit garam. Aduk campuran itu hingga rata. Setelah dingin, peras dengan kain dan minum sekaligus.
  4. Pendarahan setelah bersalin : Cuci bersih 1,5 jari akar sambang darah. Rebus bahan tersebut dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan minum 2 x sehari, masing-masing 1/2 gelas.

Sumber : Buku Tumbuhan Obat dan Khasiatnya

Category: Tanaman Herbal

Comments (1)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. warung bibit says:

    manfaatnya banyak sekali ya yang terkandung dalam tanaman sambang darah ini, sayangnya kebanyakan hanya di pandang sebelah mata dan tumbuh liar tidak terawat….

Leave a Reply

%d bloggers like this: