TANAMAN HERBAL SAMBUNG NYAWA

| August 29, 2012 | 0 Comments

Tanaman herbal sambung nyawa

A. Kandungan kimia dan efek farmologis

Kandungan kimia daun dewa antara lain alkonoid, saponin, flavonoid, dan tanin. Tumbuhan ini bersifat dingin dan netral. Khasiat antara lain antineoplastik dan penurun tekanan darah.

B. Cara budi daya

Daun dewa diperbanyak dengan setek. Pemeliharaan tanaman mudah perlu cukup air dengan cara penyiraman yang memadai, menjaga kelembaban dan pemupukan, terutama pupuk dasar. Sambung nyawa menghendaki tempat yang sedikit terlindung atau terbuka.

C. Bagian tanaman yang dimanfaatkan dan manfaatnya

Bagian tanaman yang digunakan untuk pengobatan adalah daun untuk mengatasi berbagai penyakit seperti berikut :

  1. Tekanan darah tinggi : Ambil 4 daun segar ( untuk anak-anak ) atau 7 lembar ( dewasa ), lalu cuci bersih. Konsumsi daun mentah sebagai lalap. Daun itu juga dapat dijus untuk diminum. Hindari makanan berlemak bagi penderita penyakit ini.
  2. Kolesterol tinggi : Cuci bersih 3 daun segar, lalu dimakan sebagai lalapan setiap hari secara teratur setiap kali makan nasi. Hindari makanan berlemak bagi penderita penyakit ini.
  3. Tumor : Cuci bersih 3 daun segar, lalu dimakan sebagai lalapam setiap hari secara teratur setiap kali makan nasi. Daun juga dapat di jus untuk diminum. Bagi penderita ini hindari ikan asin, cabai, tauge, sawi putih, kangkung, nanas, durian, lengong, nangka, es, alkhohol, tapai, limun dan penyedap masakan.
  4. Diabetes militus, lever, dan wasir : Cuci bersih 3 daun segar, lalu dimakan sebagai lalapan setiap hari secara teratur setiap kali makan nasi. Daun juga dapat dijus untuk diminum. Bagi penderita hindari makanan berlemak, Khusus untuk penderita wasir hindari daging kambing dan makanan pedas.

Sumber buku Tumbuhan Obat dan Khasiatnya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: