TANAMAN HERBAL SANGKETAN

| August 30, 2012 | 0 Comments

Tanaman herbal sangketan

A. Kandungan kimia dan efek farmologis

Kandungan kimia sangketan antara lain indicine, asetil indicine, dan indicinine. Anggota famili Boraginaceace itu bersifat pahit, netral dan toksik. Adapun khasiatnya antara lain sebagai anti radang, pembunuh parasit dan penghilang gatal ( antipruritik ). Sangketan juga untuk mengatasi infeksi paru-paru, abses paru, radang tenggorokan, sariawan, diare, disentri, peradangan buah zakar, bisul, radang kulit bernanah, dan peluruh haid.

B. Cara budi daya

Sangketan diperbanyak dengan biji. Pemeliharaan tanaman mudah, perlu cukup air dengan cara penyiraman yang memadai, menjaga kelembaban dan pemupukan, terutama pupuk dasar. Sangketan menghendaki tempat yang cukup sinar matahari.

C. Bagian tanaman yang digunakan dan manfaatnya

Seluruh bagian tanaman yang digunakan untuk mengatasi beragam penyakit berikut ini :

  1. Infeksi paru-paru, abses paru-paru, dan empyema : Cuci bersih 60 gr tanaman segar. Lalu rebus denga 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring hasil rebusan setelah dingin dan tambahakan 1 sdm madu. Minum ramuan itu 1 x sehari, masing-masing 1gelas.
  2. Sariawan : Ambil daun sangketan segar secukupnya, lalu cuci bersih. Lumatkan daun, lalu peras. Air perasan hasil tumbukan itu digunakan untuk berkumur-kumur, 4 x sehari.
  3. Disentri : Cuci bersih 60 gr tanaman sangketan segar. Rebusan bahan dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring hasil rebusan setelah dingin dan minum ramuan itu sekaligus.
  4. Radang buah zakar : Ambil 60 gr akar segar, lalu cuci bersih. Setelah itu, rebus akar dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring hasil rebusan, setelah dingin, minum ramuan itu sekaligus.
  5. Bisul : Cuci bersih 60 gr tanaman sangketan segar. Rebus bahan dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring hasil rebusan, setelah dingin minum ramuan itu sekaligus. Untuk obat luar, cuci bersih daun segar secukupnya, mlalu lumatkan dengan campuran nasi dingin. Tempelkan ramuan itu diatas bisul.

PERHATIAN!!!!

Wanita hamil dilarang minum ramuan biji dan bunga sangketan.

Sumber : Buku Tumbuhan Obat dan khasiatnya

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: