TANAMAN HERBAL SAWI LANGIT

| September 3, 2012 | 0 Comments

Tanaman herbal sawi langit

A. Kandungan kimia dan efek farmologis

Sawi langit bersifat pahit, manis dan sejuk. Tanaman ini di gunakan sebagai penenang, anggota famili Compositae ini berfaedah untuk mengatasi demam, panas, batuk, disentri, hepatitis, lelah tak bersemangat, susah tidur. Selain itu, sawi langit dimanfaatkan untuk obat luar seperti mengobati bisul, gigitan ular, luka terpukul dan kesleo. Kandungan kimia tanaman ini belum banyak diketahui.

B. Cara budi daya

Sawi langit diperbanyak dengan biji. Pemeliharaan tanaman mudah perlu cukup air dengan cara penyiraman yang memadai, menjaga kelembaban, dan pemupukan, terutama pupuk dasar.

C. Tanaman yang digunakan dan manfaatnya

Seluruh bagian tanaman baik segar maupun dikeringkan dapat digunakan untuk mengatasi beragam penyakit seperti berikut ini.

  1. Demam : Cuci bersih 10-15 gr tanaman kering atau setara dengan 50 gr tanaman segar. Rebus tanaman dengan 4 gelas air hingga mendidih dan tersisa 2 gelas. Saring hasil rebusan setelah dingin. Minum ramuan 2 x sehari. Masing2 1 gelas.
  2. Disentri, hepatitis, lelah tidak bersemangat, kejang lambung, kejang perut dan insomnia : Cuci bersih 10-15 gr tanaman kering ( setara dengan 50 gr gr tanaman segar ). Rebus tanaman dengan 4 gelas air sampai mendidih dan tersisa 2 gelas. Saring hasil rebusan setelah dingin. Minum ramuan itu 2 x sehari, masing-masing 1 gelas.
  3. Bisul, gigitan ular, luka terpukul, dan kesleo : Ambil tanaman sawi langit secukupnya, lalu cuci bersih. Tumbuk halus tanaman. Tambahkan sedikit air, lalu aduk sehingga menjadi adonan. Tempelkan ramuan itu di bagian tubuh yang sakit.
  4. Batuk dan panas : Cuci bersih 10 – 15 gr tanaman kering ( Setara 50 gr tanaman segar ). Rebus tanaman dengan 4 gelas air sampai mendidih dan tersisa 2 gelas. Saring hasil rebusan setelah dingin. Minum ramuan itu 2 x sehari, masing-masing 1 gelas.

Sumber : Buku Tumbuhan Obat dan Khasiatnya

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: