TANAMAN HERBAL SECANG

| September 6, 2012 | 0 Comments

Tanaman herbal secang

A. Kandungan kimia dan efek farmologis

Secang kaya kandungan kimia. Kayunya mengandung asam galat, bersilin, brasilein, oscimene, resin, resorsin, minyak asiri, dan tanin. Sementara daun yang mengandung 0,16 – 0,20 % minyak asiri tidak berbau. Khasiat secang diantaranya penghenti pendarahan, pembersih darah, pengelat, penawar racun, serta obat antiseptik.

B. Cara budi daya

Perbanyakan tanaman dengan menggunakan biji atau setak. Pemeliharaan tanaman mudah, perlu cukup air dengan cara penyiraman yang memadai, menjaga kelembaban, dan pemupukan terutama pupuk dasar. Tanaman ini menghendaki tempat yang cukup matahari dan tidak terlalu dingin. Selain itu, tanaman obat ini tidak boleh dipupuk dengan pupuk kimia dan tidak boleh disemprot dengan pestisida.

C. Bagian tanaman yang digunakan dan manfaatnya

Bagian yang digunakan sebagai obat adalah kayu yang dibuang kulitnya. Pemakaian kayu dengan cara dipotong kecil-kecil dan dikeringkan untuk mengobati penyakit berikut ini.

  1. Batuk darah pada TBC : Cuci bersih 1 1/2 jari kayu secang, lalu potong kecil-kecil. Rebus kayu dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 1/2 gelas. Dinginkan, lalu saring ramuan dan tambahkan 1 sdm madu. Minum ramuan untuk 2 x kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.
  2. Berak darah : Cuci bersih 1 jari kayu secang, lalu potong-potong kecil-kecil. Tambahkan 3 gelas air, lalu rebus hingga tersisa 1 1/2 gelas. Dinginkan, lalu saring ramuan, minum ramuan untuk 2 x sehari, masing-masing 3/4 gelas bersama 1 sdm madu.
  3. Pembersih darah : Cuci bersih 1/2 jari kayu secang, lalu kerok halus. Tambahkan ketumbar dan daun trawas secukupnya. Rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 1/2 gelas. Dinginkan, lalu saring ramuan. Minum ramuan untuk 2 x sehari, masing-masaing 3/4 gelas bersama 1 sdm madu.
  4. Radang selaput lendir mata : Cuci bersih jari kayu, lalu potong kecil-kecil. Rebus kayu dalam 3 gelas air hingga airnya tersisa 1 1/2 gelas. Dinginkan, lalu saring ramuan. Minum ramuan untuk 2 x sehari, masing-masing 3/4 gelas bersama 1 sdm madu.

Sumber : Buku Tumbuhan Obat dan Khasiatnya

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: