TANAMAN HERBAL SEMBUKAN

| September 17, 2012 | 0 Comments

Tanaman herbal sembukan

Tanaman herbal sembukan mempunyai kandungan kimia dan efek farmologis sbb :

sembukan kaya akan kandungan kimia seperti : asperuloside, deacetyl asperuloside, scandoside, arbutin, paederosid, asam paederosidik, gamasitosterol, asam oleanolat, dan minyak menguap pada batang dan daun.

Sembukan ini mempunyai efek farmologis antirematik, penghilang rasa sakit, peluruh kentut, peluruh kencing, peluruh dahak, penambah nafsu makan, antibiotik, anti radang, anti batuk, penghilang racun, obat cacing dan pereda kejang.

Adapun cara pembudidayannya sebukkan ini adalah sbb :

Perbanyak tanaman dengan setek batang, pemeliharaannnya mudah, perlu cukup air dengan penyiraman yang cukup, menjaga kelembapan, dan pemupukan, terutama pupuk dasar. Tanaman ini menghendaki tempat sedikit terlindung.

Khasiat tanaman herbal sembukan

  1. Kejang kandung empedu, saluran pencernaan dan perut kembung : Cuci, lalu tumbuk 50 gr daun segar sampai seperti bubur. Tambahkan 1 cangkir air matang dan 1-2 sdt garam, lalu aduk hingga rata. Saring, minum ramuan sebelum makan.
  2. Rasa sakit pada luka, mata dan telinga : Cuci bersih batang dan daun segar secukupnya. Tumbuk bahan sampai halus, lalu tempelkan ke bagian yang sakit.
  3. Sakit kuning : Cuci bersih 50 gr tanaman sembukan, Rebus dalam 3 gelas air hingga airnya tersisa 1 gelas. Dinginkan, lalu saring dan minum ramuan.
  4. Bronkitis dan batuk : Cuci bersih 50 gr tanaman sembukan. Rebus dalam 3 gelas air hingga airnya tersisa 1 gelas. Dinginkan, lalu saring dan minum ramuan.
  5. Rematik dan luka : Cuci bersih 50 gr tanaman sembukan. Rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa 1 gelas. Dinginkan, lalu saring dan minum ramuan tersebut.

Sumber : Buku Tumbuhan obat dan khasiatnya

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: