TANAMAN HERBAL SENGGANI

| September 19, 2012 | 0 Comments

Tanaman herbal senggani

Efek farmakologis tanaman senggani : daunnya bermanfaat untuk mengatasi diare, disentri, tonikum, keputihan, bahan pewarna, cacar dan berguna untuk wanita setelah bersalin. Selain itu seggani juga menggatasi gangguan pencernaan, hepatitis, keputihan, sariawan, mimisan, wasir berdarah, haid berlebihan, pendarahan rahim diluar waktu haid, bekuan dalam pembuluh darah, dan memperlancar air susu ibu.

Adapun cara pembudidayaannya adalah sbb : Perbanyak tanaman dengan biji. Pemeliharaannya mudah, perlu cukup air dengan penyiraman yang cukup, menjaga kelembapan dan pemupukan terutama pupuk dasar.

Khasiat tanaman herbal senggani :

  1. Keputihan : Ambil 2 genggam daun segar, lalu tambahkan masing-masing sepotong jahe dan bengkle ( jahe dan bengkle dapat diganti dengan bunga cempaka dan 3 buah pinang tua ). Cuci bersih semua bahan, lalu rebus dengan 3 gelas air dan 1 sdm cuka hingga airnya tersisa 2 gelas. Setelah dingin, minum air rebusan 2 x sehari, masing-masing 1 gelas.
  2. Disentri basiler : Cuci bersih 60 gr daun senggani segar dan 60 gr aseman segar. Rebus kedua bahan dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Dinginkan, Saring, minum ramuan sehari 1 x.
  3. Menetral racun singkong : Cuci bersih 75 gr daun senggani segar. Rebus daun dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Dinginkan, lalu saring hasil rebusan. Minum ramuan 1 x sehari.
  4. Sariawan dan diare : Cuci bersih daun senggani muda, lalu bilas dengan air matang kunyah daun dengan garam secukupnya, lalu telan. Sementara untuk mengobati sariawan dengan mengonsumsi buahnya.
  5. Bisul : Cuci bersih 60 gr daun senggani segar dan 60 gr aseman segar. rebus bahan dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Dinginkan, lalu saring ramuan. Minum air ramuan 1 x sehari, sedangkan ampasnya dilumatkan menjadi adonan, lalu dioleskan pada tempat yang sakit.

Sumber : Buku tumbuhan obat dan khasiatnya

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: