TANAMAN HERBAL SENGGUGU

| September 22, 2012 | 0 Comments

Tanaman herbal senggugu

Efek farmakologis herbal senggugu : Dalam farmologi Cina senggugu bersifat rasa pahit, pedas dan sejuk.Senggugu digunakan untuk mengatasi tulang patah, luka terpukul, rematik, batuk, sesak nafas, radang saluran napas, perut kembung, cacingan, malaria, menjernikan mata, menjernihkan suara, memulihkan tenaga pada wanita setelah melahirkan, digigit ular dan bisul.

Adapun cara membudidayakanya adalah sbb : Senggugu diperbanyak dengan setek batang, pemeliharaannya mudah, perlu cukup air dengan penyiraman yang cukup, menjaga kelembapan dan pemupukan terutama pupuk dasar.

Khasiat tanaman herbal senggugu :

  1. Asma, bronkitis, kencing tidak lancar : Cuci bersih sekitar 11 gr akar senggugu, lalu potong kecil-kecil. Seduh bahan dengan 1 cangkir air mendidih. Setelah dingin minum ramuan sekaligus. Lakukan pengobatan 3  x dengan dosis yang sama.
  2. Borok berair : Cuci bersih 7 lembar daun senggugu segar. Rebus bahan dalam 3 gelas hingga mendidih. Dinginkan, gunakan airnya untuk mencuci bagaian borok yang berair.
  3. Rematik : Cuci bersih daun senggugu segar secukunya. Tambahkan adas pulosari. Tumbuk kedua bahan tersebut. Gunakan ramuan sebagai obat gosok.
  4. perut busung : Cuci bersih 3 lembar daun senggugu. Seduh daun dengan 1 cangkir air mendidih. Tambahkan sedikit garam dan beberapa potong irisan tipis temulawak kedalam ramuan. Minum ramuan selagi hangat sekaligus. Lakukan pengobatan 3 x sehari dengan dosis yang sama.

Sumber : Buku Tumbuahan obat dan khasiatnya

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: