TANAMAN HERBAL “Sereh Wangi Berkhasiat”

| October 12, 2012 | 3 Comments

Sereh wangi (Andropogon citratus) bisa disebut juga dengan sere, sereh, sarae arun ini sangat berkhasiat dan mengandung kimia yaitu alkaloid, flavonoid, polifenol, dan minyak asiri. Anggota famili Gramineae itu bersifat antipiretik, antidemam, dan antimuntah (anti-emetik).

Cara budi daya tanaman ini sangat mudah yaitu dengan perbanyakan tanaman dengan anakan. Perlu cukup air dengan penyiraman yang cukup pemeliharaannya, menjaga kelembapan, dan pemupukan, terutama pupuk dasar. Sereh wangi menghendaki tempat yang cukup sinar matahari.

Bagian tanaman yang digunakan sebagai bahan pengobatan adalah daun dan minyak asiri untuk menyembuhkan beragam penyakit sebagai berikut ini :

  1. Demam, “Cuci bersih 10 gr daun segar, kemudian potong-potong menjadi bagian yang lebih kecil. Rebus bahan dengan 1 gelas air matang selama 15 menit. Minum ramuan hasil rebusan sekaligus.”
  2. Kumur, “Cuci bersih 10 gr, lalu potong-potong menjadi bagian yang lebih kecil. Rebus bahan dengan 1 gelas air matang selama 15 menit. Minum hasil rebusan itu sekaligus.”
  3. Pencegah muntah, “Ambil bonggol tanaman, lalu cuci bersih. Memarkan bonggol hingga pecah. Isap bau bonggol beberapa kali.”
  4. Disuria, diaforetik, peluruh haid, busung air, sakit gigi, rematik keseleo, radang lambung, dan radang usus, “Ambil bonggol tanaman, lalu cuci bersih. Memarkan bonggol hingga pecah. Isap bau bonggol beberapa kali.”

Selamat mencoba, semoga bermanfaat ya … ^^

Sumber: Penebar  Swadaya

Category: Tanaman Herbal

Comments (3)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. Siti Nurdasiah says:

    Assalamualaikum..
    Apakah di sini menjual serai merah secara online?

  2. Ghazali Rahman says:

    Assalamulakum..
    Apakah saya bisa memesan dan menbeli bibit Tanaman sereh wangi

Leave a Reply

%d bloggers like this: