Tanaman Herbal “Si Kuning Obat Berkhasiat”

| October 22, 2012 | 0 Comments

Si kuning (Terung Kuning) mempunyai nama ilmiah yaitu Solanum indicum atau biasa disebut dengan terong ngor, terong pipit puteh, terong pipit hijau, terong peuheur ini mempunyai kandungan kimia yang sudah diketahui antara lain alkaloid, saponin, flavonoid, dan polifenol (daun dan biji). Sementara buahnya mengandung alkaloid, saponin, dan tanin. Anggota famili Solanaceae itu bersifat pahit dan bau tidak enak. manfaatnya untuk melarutkan lendir dan menghilangkan gatal di tenggorokan.

Nah, tau gak sih? cara budi daya tanaman ini mudah yaitu dengan biji. Pemeliharaan relatiof gampang, perlu cukup air dengan penyiraman teratur untuk menjaga kelembapan. Selain itu, pemberian pupuk dilakukan secara berkala. Terung kuning menghendaki tempat terbuka.

Bagian tanaman yang bermanfaat sebagai obat adalah buah, biji, dan akar untuk mengatasi berbagai penyakit :

  1. Sakit gigi dan gusi, “Cucilah dengan bersih terung kuning, buah pinang, dan daun sirih secukupnya. Tumbuk dengan halus semua bahan. Tempelkan ramuan ditempat gigi yang sakit.”
  2. Jerawat dan penyakit kulit, “Ambillah buah terung kuning masak, lalu cuci bersih. Belah buah menjadi beberapa bagian, lalu tempelkan dikulit. “

Selamat mencoba, semoga bermanfaat yah … ^^

Sumber :  Penebar Swadaya

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: