TANAMAN HERBAL “Sirih Merah”

| October 5, 2012 | 0 Comments

Sirih merah (Piper decumanum)  ini mengandung saponin, flavonoid, polifenol, dan minyak asiri. Anggota famili Piperaceae itu bersifat antipiretik dan anti- inflamasi. Nah, cara budi daya sirih merah ini sangat mudah yaitu dengan perbanyakan tanaman dengan setek batang. Dengan penyiraman yang cukup air, menjaga kelembapan dan pemupukan terutama pupuk dasar yang berupa pupuk kandang atau kompos.

Adapun bagian tanaman yang digunakan dan dimanfaatkan yaitu daun segar untuk mengatasi beragam penyakit sebagai berikut :

  1. Bengkak, “Cucilah dengan bersih daun sirih merah secukupnya, lalu tumbuk halus. tambahkan sedikit air dan aduk hingga menjadi adonan. Balurkan ramuan pada kulit yang bengkak.”
  2. Mimisan, “Cucilah dengan bersih daun sebanyak 2 lembar. Gulung, lalu potong ujung daun. Kemudian masukan daun ke lubang hidung. “
  3. TBC, “Cucilah dengan bersih 7 lembar daun, lalu potong kecil- kecil. Rebus bahan dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa 1 1/2 gelas. Minum ramuan 3 kali sehari, masing- masing 1/2 gelas, bersama 1 sendok makan madu.”

Selamat mencoba, semoga bermanfaat ya ….. ^^

Sumber: Penebar Swadaya

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: