TANAMAN HERBAL SURUHAN

| November 18, 2012 | 1 Comment

Tanaman Herbal Suruhan

Tanaman herbal suruhan kaya akan kandungan kimia seperti alkaloid, tanin, kalsium, oksalat, lemak dan minyak asiri. Anggota famili Piperaceae bersifat pedas dan sejuk.

Adaupn cara pembudidayaannnya adalah sbb : Perbanyakan tanaman dengan  biji. Pemeliharaan tanaman ini mudah antara lain membutuhkan cukup air dengan penyiraman atau menjaga kelembapan tanah dan pemupukan, terutama pupuk dasar. Suruhan menghendaki tempat yang cukup matahari dan sedikit terlindung.

Khasiat tanaman herbal suruhan :

  • Abses, bisul, jerawat, dan radang kulit : Dua pohon tanaman segar ukuran kecil ( tinggi o 7-10 cm tinggi ) dicuci bersih. Rebus tanaman dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Minum airnya sekaligus 1 gelas selagi hangat. Lakukan pengobatan sehari 2 x dengan dosis yang sama. Sisa air ramuan sebaiknya dibuang. Buat ramuan segar lagi untuk setiap kali akan minum ramuan yang berikutnya.
  • Luka bakar dan terpukul : Ambil tanaman segar secukupnya. Cuci bersih, lalu lumatkan tanaman, Tempelkan ramuan dibagian tubuh yang sakit.
  • Penyakit ginjal : Cuci bersih tanaman segar berukuran kecil ( tinggi 7 – 10 cm tinggi ). Rebus tanaman dengan 3 gelas air  hingga tersisa 2 gelas. Minum airnya sekaligus selagi hangat. Lakukan pengobatan sehari 2 x, masing- masing 1 gelas. Sisa air ramuan sebaiknya dibuang. Buat ramuan segar lagi untuk setiap kali akan minum ramuan yang berikutnya.
  • Sakit perut : Tumbuk halus herba segar yang telah dicuci bersih. Peras hasil tumbukan, lalu minum air perasan itu.

Sumber : Penebar swadaya

Category: Tanaman Herbal

Comments (1)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. cobirez says:

    wahhh,,,baru tauu..he

Leave a Reply

%d bloggers like this: