Tanaman Herbal ” Tahi KOtak Pengobat Penyakit”

| November 20, 2012 | 0 Comments

Tahi Kotak (Tagetes erecta) ini biasa juga disebut dengan kenikir atau ades. Tanaman ini mempunyai kandungan kimia yaitu 0,1 % tagetiin, terthienyl, 0, 74% helenian, dan flavosantin.

Cara budi daya tanaman ini dengan biji. Adapun tanaman yang digunakan dan pemanfaatannya sebagai obat adalah bunga kering, akar, daun berkhasiat untuk mengatasi beragam penyakit sebagai berikut :

  1. Gondongan dan pembengkakan payudara, “Cucilah dengan bersih bunga kering secukupnya, lalu tumbuk hingga halus. Campur tumbukan dengan cuka. GUnakan ramuan itu sebagai tapal di tempat yang sakit.”
  2. Radang kulit bernanah (Piodermi), “Cucilah dengan bersih akar dan daun segar secukupnya. Lumatkan bahan, lalu gunakan ramuan itu sebagai tapal di tempat yang sakit. “
  3. Sakit gigi dan sakit mata, “13 gram bunga kering dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 1 gelas. SEtelah dingin, saaring ramuan. Minum air rebusan 2 kali sehari, masing- masing 1/2 gelas. “
  4. Batuk 100 hari (pertusis),  “17 gram bunga kering dicuci bersih, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 1 gelas. SEtelah dingin, saaring ramuan. Minum air rebusan 2 kali sehari, masing- masing 1/2 gelas.

SElamat mencoba, semoga bermanfaat ya …

Sumber : Penebar Swadaya

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: