Tanaman Herbal “Tapak Liman Bermanfaat”

| November 8, 2012 | 0 Comments

Tapak Liman (Elepphantophus scaber) atau biasa juga disebut dengan balagaduk, jukut cancang, tampak liman, tapak tangan, tapak talna ini mempunyai kandungan kimia antara lain elephantopin, epifrieelinol, lup[eol, stigmasterol. Budi daya tanaman ini dengan perbanyakan tanaman dengan biji. Pemeliharaan tanaman ini mudah antara lain membutuhkan cukup air dengan penyiraman atau menjaga kelembapan tanah dan pemupukan, terutama pupuk dasar.

Nah tau gak sih, seluruh bagian tanaman segar atau kering berkhasiat mengatasi beragam penyakit berikut ini :

  1. Hepatitis, “Cucilah dengan bersih 150 gram akar tapak liman segar. Rebus akar dengan 3 gelas air sampai mendidih dan airnya tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring dan minum ramuan 2 kali sehari, masing – masing 1 gelas. Minumlah rutin selama 4 – 5 hari.”
  2. Beri – beri, “Ambillah 50 gram tanaman, lalu cuci dengan bersih . Tambahkan 60 – 120 gram tahu dan air secukupnya. Tim kedua bahan tersebut, lalu makan selagi hangat. “
  3. Batuk seratus hari dan epidermic enchephalitis, “25 gram tanaman kering dicuci bersih, lalu direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan airnya tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan. Minum ramuan 2 kali sehari, masing – masing 1 gelas.”
  4. Perut kembung, “Cucilah dengan bersih 60 gram batang. Rebus bahan dengan 3 gelas air sampai mendidih dan airnya tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring dan minum air rebusan 2 kali sehari, masing- masing 1 gelas. “
  5. Disentri, diare, dan gigitan ulat, “Cucilah dengan bersih 25 gram tanaman kering, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan airnya tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan. Minum ramuan 2 kali sehari, masing- masing 1 gelas.”

Sumber : Penebar Swadaya

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: