Tanaman Herbal “Tempuyung”

| October 30, 2012 | 0 Comments

Tempuyung (Sonchus arvensis) atau biasa disebut dengan galibug, jombang, jombang lalakina, lempung, rayana ini mempunyai kandungan kimia seperti manitol, inositol, silikan, dan taraksastero. Anggota famili Compositae itu bersifat pahit dan dingin. Khasiatnya menghilangkan panas dan racun, diuretik, serta penghancur batu saluran kemih dan batu empedu.

Cara budi daya tanaman ini dengan perbanyakan tanaman dengan biji. Pemeliharaan tanaman relatif mudah, perlu cukup air dengan cara penyiraman teratur untuk menjaga kelembapan.

Seluruh bagian tanaman bermanfaat sebagai obat untuk mengatasi berbagai penyakit :

  1. Radang payudara, “17 gram tempuyung dicuci bersih, kemudian direbus dalam 3 gelas air hingga airnya tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan. Minum ramuan 3 kali sehari, masing – masing 3/4 gelas.”
  2. Bisul, “Ambil batang dan daun tempuyung segar secukupnya, lalu cuci hingga bersih dan giling hingga halus. Peras bahan hasil gilingan tersebut hingga ke luar airnya. Oleskan air perasan ke tempat yang sakit.”
  3. Kandung kencing dan Empedu, “5 daun segar dicuci bersih, lalu diasap sebentar. Makan daun sebagai lalap bersama nasi. Konsumsi ramuan 3 kali sehari dengan dosis yang sama. “
  4. Darah Tinggi, “5 daun segar dicuci bersih, lalu diasap sebentar. Makan daun sebagai lalap bersama nasi. Konsumsi ramuan 3 kali sehari dengan dosis yang sama. “

Selamat mencoba, semoga bermanfaat yah … ^^

Sumber : Penebar Swadaya

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: