Tanaman Herbal “Temu Giring Berkhasiat”

| November 1, 2012 | 0 Comments

Temu giring (Curcuma heyneana) atau bisa juga disebut dengan temu poh, temu reng ini mempunyai kandungan kimia yaitu minyak asiri, amilum, damar, lemak, tanin, zat pahit, saponin, dan flavonoid. Anggota famili Zingiberaceae bersifat pahit sekali dan dingin. Khasiatnya sebagai antelmitikum dan adipositas.

Cara budi daya tanaman ini dengan perbanyakan tanaman dengan rimpang yang bertunas. Pemeliharaan tanaman relatif mudah, perlu cukup air dengan penyiraman teratur untuk menjaga kelembapan. Selain itu, tanaman diberikan pupuk secara berkala. Temu giring menghendaki tempat terbuka.

Bagian tanaman bersifat sebagai obat adalah rimpang untuk mengatasi berbagai penyakit :

  1. Cacingan, “Cucilah dengan bersih 5 gram rimpang, lalu parut. Seduh parutan rimpang dengan 1 cangkir air panas dan tutp selama 2 jam. Saring lalu minum ramuan sekaligus pagi hari sebelum makan. “
  2. Cacar air, “Ambillah 10 gram rimpang temu giring, lalu cuci bersih. Tambahkan 20 gram asam trengguli, 15 gram gula aren, 5 gram bawang merah, 5 gram pulosari, dan 1 gram adas. Rebus semua bahan tersebut dalam 2 1/2 gelas air hingga airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring ramuan. Minum air yang telah disaring 2 kali sehari, masing – masing 1/4 gelas.”
  3. Pelangsing, “Sekitar 5 gram rimpang temu giring segar, daun kemuning, serta 30 gram daun mengkudu dicuci bersih, lalu ditumbuk hingga halus. Seduh bahan yang telah halus dengan 1 gelas air panas. Setelah dingin, saring ramuan. Minum ramuan sekaligus sehari 1 kali.”
  4. Jantung berdebar – debar, “Cucilah dengan bersih 5 gram rimpang temu giring, 3 siung bawang merah, 5 garam pulasari, 1 sendok teh adas, daun sangketan, dan 5 butir angco yang telah dibuang bijinya. Rebus semua bahan dalam 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Setelah dingin, saring ramuan. Minum ramuan 3 kali sehari, masing-masing 1 gelas.”
  5. Kudis, koreng, luka, dan penyakit kulit, “Ambillah rimpang segar secukupnya, lalu bcuci bersih. Tumbuk rimpang hingga halus, lalu tempelkan hasil tumbukan ditempat yang sakit. “

Selamat mencoba, semoga bermanfaat yah …. ^^

Sumber : Penebar Swadaya

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: