Tanaman Herbal ” Temu Hitam Berkhasiat”

| November 7, 2012 | 0 Comments

Temu hitam (Cucrcuma aeruginosa) ini termasuk tanaman herbal yang bermanfaat. Temu hitam ini biasa juga disebut dengan temu ireng, temu erang, koneng hideung, temo koneng. Tanaman ini mempunyai kandungan kimia yang sudah diketahui antara lain minyak asiri, curcumol, kordione, isofortungermakrene, germakrene, zat pati, lemak, damar, tanin, zat warna biru, alkaloid dan mineral. Anggota famili Zingiberaceae ini bersifat hangat dan aromatik. Khasiatnya sebagai peluruh kentut dan penambah nafsu makan.

Cara budi daya tanaman ini dengan rimpang yang bertunas. Pemeliharaan tanaman relatif mudah, perlu cukup air dengan penyiraman teratur untuk menjaga kelembapan. Nah, bagian tanaman yang bermanfaat sebagai obat adalah rimpang untuk mengatasi berbagai penyakit :

  1. Gonorrhoea, “Cucilah dengan bersih 10 gram rimpang temu hitam, 30 gram daun pegagan, 5 gram umbi gadung. Tumbuk hingga halus semua bahan, lalu seduh dengan 3 gelas air panas. Setelah dingin, saring air seduhan. Minum 3 kali sehari, masing- masing 1 gelas”.
  2. Ambein, “Cucilah dengan bersih 15 gram rimpang temu putih, lalu kupas dan parut. Seduh hasil parutan dengan 1 cangkir air panas. Dinginkan, lalu saring ramuan. Tambahkan kuning telur ayam dan 2 sendok makan madu ke dalam ramuan, lalu aduk rata. Minum ramuan sekaligus setelah bangun tidur. “
  3. Membersihkan darah setelah melahirkan, “Cucilah dengan bersih rimpang temu hitam, lalu kupas kulit dan parut. Seduh hasil parutan dengan 1/2 cangkir air panas, lalu aduk rata. Setelah dingin, saring ramuan dengan sepotong kain. Minum ramuan sekaligus dan lakukan pengobatan dalam waktu 3 hari setelah melahirkan berturut- turut, “
  4. Pembengkakan dan penetralisir racun dalam tubuh, “Cucilah dengan bersih 20 gram rimpang temu hitam, lalu kupas kulit dan parut. Tambahkan daun takokan ke dalam bahan. Rebus bahan dalam 3 gelas air hingga airnya tersisa 1 1/2 gelas. Saring, lalu minum ramuan sekaligus selagi hangat.”
  5. Peranakan turun, “Cucilah dengan bersih 20 gram rimpang temu hitam, lalu kupas kulitnya dan iris tipis – tipis. Tambahkan daun legundi, lalu rebus bahan dalam 3 gelas air hingga mendidih. Saring, lalu minum ramuan bersama 1 sendok makan madu selama 2 hari. “
  6. Pencegah penularan penyakit pada bayi melalui ASI, “Cucilah dengan bersih rimpang temu hitam dan kecipir secukupnya. Rebus bahan dalam 3 gelas air hingga mendidih. Dinginkan ramuan, lalu konsumsi seperti lalap. Lakukan pengobatan 3 hari sekali selama menyusui.

Sumber : Penebar Swadaya

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: