728×90

Tanaman Herbal Temulawak dan Kegunaannya

| June 29, 2011 | 1 Comment

 Tanaman Herbal Temulawak dan Kegunaannya

Tanaman Herbal Temulawak

Tanaman herbal temulawak dan kegunaannya. Kamu pasti pernah dengar nama tumbuhan asli Indonesia ini kan? Karena temulawak sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Tumbuhan ini penyebarannya hanya terbatas dijawa, maluku dan kalimantan.

Temulawak (Curcuma xanthorhiza) banyak dibudidayakan dan menjadi salah satu komoditas pertanian. Banyak nama lokal untuk temulawak. Misalnya, Koneng gede (Jawa barat) dan Temu labak (Jawa dan Madura). Temulawak termasuk keluarga Zingibereaceal dan berkembang biak ditanah tegalan sekitar pemukiman, terutama pada tanah gembur, sehingga buah rimpangnya mudah berkembang menjadi besar.

Temulawak batang pohonnya berbentuk batang semu, daunnya lebar dan pada setiap helai daun dihubungkan dengan pelepah dan tangkai daun yang agak panjang. Bunganya berbentuk unik bergerombol dan berwarna kuning tua, rimapng temulawak sejak lama dikenalsebagai bahan ramuan obat. Aroma dan warna khas dari rimpang temulawak adalah berbau tajam dan daging buahnya berwarna kekuning-kuningan.

Temulawak di Jawa Tengan dikenal sebagai minuman eksotik dengan cita rasa khas. Dengan mencampurkan tanaman bersama gula dan kunyit, lalu diseduh dengan air panas akan menghasilkan rasa tersendiri. Ramuan ini biasanya diberikan kepada anak-anak yang susah makan.

Berikut adalah beberapa khasiat tanaman herbal temulawak :

Beragam penyakit dapat diobati dengan umbi tanaman ini, misal sakit limfa, ginjal, sakit pinggang, asma, sakit kepala, masuk angin, maag, sakit perut, produksi ASI, menambah nafsu makan, sembelit, cacar air, sariawan, rematik, jerawat, bahkan untuk kanker stadium dini serta dipercaya juga sebagai ramuan yang memperlambat proses penuaan, menghilangkan flek hitam wajah dan menjaga kelenturan tubuh.

Penggunaan temulawak pada prinsipnya sama dengan kunyit maupun kencur yaitu diperut. Keuali untuk sakit ginjal. Satu rimpang temulawak, ditambahkan segenggam  daun meniran dengan 4 gelas air, direbus hingga airnya tinggal setengahnya, minum 3 x dalam sehari.

Tanaman khas Indonesia yang memiliki potensi luar biasa ini, tak kalah dari gingseng korea, bahkan, menurut penelitian temulawak lebih unggul dari pada gingseng. Temulawak merupakan obat herbal yang sangat manjur.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 7.0/10 (3 votes cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 0 (from 0 votes)
Tanaman Herbal Temulawak dan Kegunaannya, 7.0 out of 10 based on 3 ratings
Tag :
460×60 Cara Pesan Produk Online Baitulherbal.com

Category: Tanaman Herbal

Comments (1)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. harly says:

    Temu lawak memang sangat banyak khasiatnya..
    saya alhamdulilah telah membuktikan beberapa diantara khassiat temu lawak..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: