Tanaman Herbal “Temulawak”

| November 9, 2012 | 0 Comments

Temulawak (curcuma xanthorrhiza) atau biasa juga disebut dengan temolabak, konenggede ini mempunyai kandungan kimia antara lain kurkumin, zat tepung, glikosida, toluil metil, karbinol, essoil, abu, I- sikloisopren myrsen, protein, serat, dan kalium oksalat. Anggota famili Zingiberaceae itu bersifat rasa aromatik, tajam, dan agak pedas. Khasiatnya sebagai peluruh haid, perangsang ASI, menguatkan, peluruh kemih, penurun kolesterol, pemicu regenerasi atas kerusakan sel -sel hati, antiradang, dan memperlancar pengeluaran empedu ke usus.

Cara budi daya tanaman ini dengan rimpang. Pemeliharaan tanaman relatif mudah, perlu cukup air dengan cara penyiraman teratur untuk menjaga kelembapan, dan pemupukan, terutama pupuk dasar. Temulawak menghendaki tempat yang terlindungi.

Bagian tanaman yang bermanfaat sebagai obat adalah rimpang untuk mengatasi berbagai penyakit :

  1. Sakit maag, “Cucilah dengan bersih 25 gram rimpang segar, lalu potong- potong menjadi bagian yang lebih kecil. Rebus rimpang dengan 4 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 2 gelas. SEtelah dingin, saring air rebusan. Minum air hasil saringan 2 kali sehari, masing- masing 1 gelas.”
  2. Bau haid, “Cucilah dengan bersih 25 rimpang segar, lalu potong- potong menjadi bagian yang lebih kecil. Tambahkan 5 gram asam jawa dan gula aren secukupnya. Seduh ramuan dengan 1 gelas air panas. Dinginkan, lalu minum air ramuan sekaligus. Lakukan pengobatan 3 kali sehari selama masa haid.”
  3. Sakit liever (kuning), “Cucilah dengan bersih rimpang temulawak secukupnya, lalu parut. Peras hasil parutan. Ambil airnya sebanyak 1 sendok makan, lalu minum bersama 1 sendok makan madu. Lakukan pengobatan sehari 3 kali dosis yang sama.”
  4. Hepatitis dan penyakit kandung empedu, “Cucilah dengan bersih 20 gram rimpang segar, lalu iris- iris. Rebus rimpang dengan 500 ml air hingga mendidih dan tersisa 250 ml. Setelah dingin, saring air rebusan. Minum ramuan selagi hangat.
  5. Sakit limpa, “Sekitar 15 gram rimpang temulawak segar dan 10 gram lengkuas dicuci bersih. Kedua bahan itu diiris tipis- tipis, lalu ditambahkan 5 gram daun meniran. Rebus semua bahan dalam 1 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin, saring air rebusan. Minum ramuan sehari sekali.”
  6. Meningkatkan stamina, “Cucilah dengan bersih rimpang temulawak 10 gram dipotong kecil- kecil, tambahkan air 2 gelas lalu rebus hingga tersisa 1 gelas, minum airnya selagi hangat. Lakukan pengobatan 2 kali sehari dengan dosis yang sama.”
  7. Meningkatkan nafsu makan anak- anak, “Cucilah dengan bersih 30 gram rimpang temulawak, lalu parut dan peras airnya. Tambahkan air perasan dengan air dan gula aren secukupnya. Saring ramuan, lalu minum 3 kali sehari dengan dosis yang sama.”
  8. Frambusia (patek), “Cucilah dengan bersih 50 gram rimpang temulawak dan kencur, lalu potong- potong kecil. Tambahkan 6 lembar daun ketepeng cina dan gula aren secukupnya. Rebus semua bahan dalam 2 gelas air hingga airnya tersisa 1 gelas. Minum ramuan selagi hangat. Lakukan pengobatan 2 kali sehari dengan dosis yang sama. “

Sumber : Penebar Swadaya

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: