TANAMAN HERBAL “TERATAI “

| October 5, 2012 | 0 Comments

Teratai bunga yang indah dan serba guna, teratai ini memiliki nama ilmiah yaitu Nelumbium nelumbo Druce atau dalam bahasa asing disebut dengan pink lotus ini mengandung quercetin, luteolin, isoquercitrin, dan kaempferol. sedangkan benang sarinya mengandung quercetin, luteolin, isoquercitrin, galuteolin, dan alkaloid. Biji teratai kaya akan pati, rafinose, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan besi. img 20111022 01435 TANAMAN HERBAL TERATAI

Tau gak sih? ternyata akar tanaman anggota famili Nymphaeaceae ini berkhasiat hemostatistik, sedatif (pemenang), dan pencair darah beku. Selain itu, khasiat lainnya bisa untuk menjaga kondisi jantung, ginjal, dan penguat limpa (biji), penghilang panas dalam, penurun panas, hemostatik, dan pencegah terjadinya ejakulasi dini (tunas biji). Kulit biji berkhasiat sebagai hemostatik dan penghilang panas dalam di lambung serta di usus. Batang teratai yang berguna sebagai antipiretik dan diuretik. Benang sarinya untuk penghilang panas di jantung, penguat fungsi ginjal, penahan ejakulasi dini, dan hemostatik. Daun berguna untuk pembersih panas dan lembab serta hemostatik, sedangkan dasar daun untuk penurun panas, penguat kehamilan, dan menormalkan haid. Rimpang dimakan mentah berguna untuk menurunkan panas, mendinginkan darah yang panas, dan membuyarkan darah beku. Kemudian apabila rimpang ini dimasak akan menguatkan limpa, menambah selera makan, penambah darah, membantu pertumbuhan otot dan menyembuhkan diare.

Nah, cara budi daya teratai ini dengan perbanyakan tanaman dengan biji dan anakan. Pemeliharaan tanaman relatif mudah, dibutuhkan air tergenang seperti kolam atau gentong dan pemupukan, terutama pupuk dasar. Selanjutnya, bagian tumbuhan yang digunakan dan dimanfaatkan antara lain seluruh tanaman, baik segar atau kering bermanfaat sebagai obat untuk berbagai penyakit adalah sebagai berikut :

  1. Batuk darah dan muntah darah, “Cucilah dengan bersih rimpang teratai secukupnya, lalu buat jus dengan 1 gelas (200cc). Minum jus selama 3-5 hari berturut- turut.”
  2. Muntah dan diare, “Cucilah dengan bersih 50 gram rimpang teratai segar dan 15 gram jahe, lalu buat jus dengan 1/2 gelas air. Minum jus sekaligus. Lakukan pengobatan sehari 3 x dengan dosis yang sama.”
  3. Pencegah penuaan pada kulit, “Cucilah dengan bersih 30 gram biji teratai dan 15 gram bunga teratai, dan 50 gram akar rimpang teratai, lalu potong kecil- kecil. Tambahkan 25 gram beras merah, lalu rebus dengan air secukupnya samapai menjadi bubur. Konsumsi ramuan secara rutin.”
  4. Tifus, “Cucilah dengan bersih 100 gram rimpang dan 30 gram sambiloto, dan 200 gram pepaya setengah matang, lalu potong kecil- kecil. Rebus bahan hinga matang. Minumlah air rebusan bersama 1 sendok makan madu. Sementara teratai dan pepaya juga dimakan.”
  5. Panas dalam, gondongan, sakit jantung, dan lever, “Cucilah dengan bersih 100 gram rimpang teratai dan 50 gram akar alang- alang, lalu potong kecil- kecil. Kemudian rebus bahan dengan 500 cc air bersih sampai tersisa 250 cc. Setelah dingin, saring ramuan. Minum ramuan seperti teh.”

Silahkan mencoba ramuan tersebut, semoga bermanfaat ya ^ _^

Sumber: Penebar Swadaya

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 9.0/10 (1 vote cast)
VN:F [1.9.22_1171]
Rating: +1 (from 1 vote)
TANAMAN HERBAL "TERATAI ", 9.0 out of 10 based on 1 rating
Tag :
460×60 Cara Pesan Produk Online Baitulherbal.com

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: