Tanaman Herbal “Turi”

| October 25, 2012 | 0 Comments

Sudah pernah mendengan atau melihat turi kan ?

Nah turi ini termasuk tanaman herbal yang bermanfaat. Turi (Sesbania grandiflora) atau disebut juga dengan toroy, turing, suri, gongo gua, kayu jawa, turi ini mempunyai kandungan kimia yaitu pada kulit batang turi mengandung tanin, egatin, zantoagetin, basorin, resin, kalsium oksalat, sulfur, peroksida, zat warna. Bunga anggota famili Papiliaonaceae itu berguna sebagai pelembut kulit, pencahar, dan penyejuk. Khasiat kulit batang mengurangi rasa sakit, penurun panas, pencahar, pengelat, perangsang muntah, tonik. Sementara daun berfaedah untuk mencairkan gumpalan darah, menghilangkan sakit, pencahar ringan, dan peluruh kencing.

Cara budi dayanya yaitu dengan perbanyakan tanaman dengan biji. Pemeliharaan tanaman relatif mudah, perlu cukup air dengan cara penyiraman teratur untuk menjaga kelembapan. Selain itu, pemberian pupuk dilakukan secara berkala.

Nah, bagian tanaman yang digunakan dan dimanfaatkan adalah daun, kulit batang, akar dan bunga untuk mengatasi berbagai penyakit :

  1. Demam nifas setelah melahirkan, “Cuci dengan bersih 1/3 genggam daun turi segar, lalu tumbuk halus. Seduh bahan dengan 3/4 cangkir air panas dan tambahkan sedikit garam. Dinginkan, lalu saring air rebusan. Minum ramuan sekaligus.”
  2. Disentri dan berak darah, “Cucilah dengan bersih kulit batang pohon turi yang bunganya merah sebesar ibu jari. Rebus kulit batang tersebut dalam 2 gelas air hingga airnya tersisa 1 gelas.”
  3. Keputihan, “Cucilah dengan bersih segenggam daun turi putih dan kunyit sebesar ibu jari, lalu giling halus. Seduh hasil gilingan dengan 3/4 cangkir air panas, lalu persa. Saring ramuan, lalu minum sehari 2 kali dengan dosis yang sama.”
  4. Kuku jari bengkak karena terpukul atau terantuk, “Cucilah dengan bersih daun secukupnya, lalu tumbuk halus. Tambahkan sedikit air ke dalam hasil tumbukan, lalu aduk hingga menjadi adonan. Balurkan ramuan di atas kuku yang sakit dan kulit sekitarnya, lalu balut dengan kain. Lakukan pengobatan sehari 3 kali dengan cara yang sama agar darah yang membeku di bawah kuku menghilang.”
  5. Hidung berlendir dan sakit kepala, “Cucilah dengan bersih segenngam daun dan bunnga turi segar, lalu tumbuk halus. Seduh bahan dengan 1/2 cangkir air panas dan tambahkan sedikit garam. Peras air seduhan, lalu saring. Minum ramuan sekaligus. lakukan pengobatan sehari 2 kali dengan dosis yang sama.”
  6. Radang tenggorokan, “Cucilah dengan bersih segenggam daun turi merah. Rebus daun dalam 3 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, saring ramuan. Gunakan air ramuan untuk kumur – kumur. Lakukan pengobatan 4 kali sehari.”

Selamat mencoba, semoga bermanfaat yah … ^^

Sumber : Penebar Swadaya

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: