Tanaman Herbal “Wijayakusuma”

| October 30, 2012 | 0 Comments

Wijayakusuma (Epiphyllum pxypetalum) atau biasa disebut dengan kembang hongte mempunyai kandungan kimia yaitu asam sitrat. Bunga wijaya kusuma bersifat rasa manis dan netral. Khasiatnya menghentikan pendarahan (hemostatik), meredakan batuk dan dahak, serta antiradang. Sementara batang bersifat asin, masam dan sejuk. Anggota famili Cactaceae itu berkhasiat untuk mengatasi tuberkulosis paru dengan batuk asma, batuk darah, muntah darah, pendarahan pada wanita, dan hipertensi. Faedah lain untuk mengobati infeksi tenggorokan, radang lambung, sukar buang air besar, bisul, luka berdarah, bengkak, lemah, dan meningkatkan stamina.

Cara budi daya tanaman ini dengan perbanyakan tanaman dengan anakan dan setek. Pemeliharaan tanaman relatif mudah, perlu cukup air dengan cara penyiraman teratur untuk menjaga kelembapan, dan pemupukan, terutama pupuk dasar.

Bagian tanaman bermanfaat sebagai obat adalah bunga dan batang untuk mengatasi berbagai penyakit :

  1. Tuberkulosis paru, batuk darah, dan radang tenggorokan, “Cuci dengan bersih 4 kuntum bunga wijayakusuma. Tambahkan 75 gram lidah buaya yang telah dikupas kulitnya dan 15 gram gula ke dalam bunga. Rebus bahan dalam 4 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan. Minum air ramuan dalam kondisi hangat 2 kali sehari, masing – masing 1 gelas.”
  2. Pendarahan rahim, “Masak tim 2 – 3 bunga wijayakusuma dan 100 gram daging tanpa lemak. Setelah matang makanlah sebagai lauk bersama nasi.”
  3. Asma, “Masak tim 4 kuntum bunga wijayakusuma yang ditambahkan gula batu dan air secukupnya. Minum air ramuan sekaligus.”
  4. Sukar buang air besar, “Cucilah dengan bersih 20 gram bunga wijayakusuma dan 70 gram lidah buaya dikupas kulitnya. Rebus kedua bahan tersebut dalam 2 1/2 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring ramuan. Minum airnya dalam kondisi masih hangat.”
  5. Bisul dan luka berdarah, “Ambillah batang segar, lalu cuci bersih. Giling batang hingga halus. Tambahkan air, lalu aduk hingga menjadi adonan. Balurkan ramuan ke tempat yang sakit dan dibalut bila perlu. Lakukan pengobatan 3 kali sehari. “
  6. Hipertensi, “Rebus bersama – sama 5 bunga wijayakusuma segar, 75 gram akar alang – alang, dan 15 gram jamur kuping hitam dalam 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 1/2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan. Minum ramuan 3 kali sehari, masing – masing 1/2 gelas.

Selamat mencoba …… ^^

Sumber : Penebar Swadaya

Category: Tanaman Herbal

Leave a Reply

%d bloggers like this: