5 manfaat belut untuk Ibu Hamil

| November 2, 2015 | 0 Comments

makanan belut gorengBelut merupakan salah satu jenis ikan  yang memiliki bentuk panjang dengan kepala bulat seperti ular. Jika di analogikan, memang belut serupa ular, hanya saja ini masuk dalam klasifikasi jenis ikan. Habitatnya berada di dalam air tawar atau pun air laut. Meski begitu, belut memiliki proses adaptasi dengan menyusur ke tempat-tempat becek seperti lumpur dan sawah.

Biasanya turis turis dari barat menyebut belut yang sudah di masak dengan kata ‘eel’. Sedangkan orang jepang memanggilnya dengan nama ‘unagi’ untuk belut yang tinggal di air tawar, kemudian untuk yang tinggal di air laut di sebut dengan nama ‘anago’. Jenis belut yang memiliki ukuran lebih besar di namakan dengan ikan moa.

Kandungan Gizi Belut

Ikan belut ini memiliki kandungan yang kaya akan protein, kalsium, dan beberapa vitamin seperti vit A, vit C, vit B6, vit B12 dan vit E yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu juga mengandung sedikit lemak, apalagi jika di masak dalam keadaan ‘belut goreng’ akan lebih berat kandungan lemak asam jenuh. Belut juga mengandung kolesterol, sodium, kalori yang cukup tinggi, lemak tak jenuh, omega 3 dan omega 6, thiamin, riboflavin, niasin, folat, pantothenic acid, zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, potassium, sodium, zinc, mangan dan selenium.

Ternyata belut juga menjadi salah satu makanan favorit bagi ibu hamil. Rasa gurih dan asinnya yang membuat rasa belut semakin di idam-idamkan oleh wanita yang tengah hamil muda. Tidak hanya enak, namun belut juga bermanfaat bagi ibu hamil, berikut ini diantaranya :

1. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Kondisi ibu hamil memang tidak stabil. Maka harus dibarengi dengan menjaga gizi ibu hamil dengan pola makan yang teratur agar bisa tetap dalam kondisi sehat. Salah satunya adalah dengan memakan belut. Sebab makanan ini mengandung vitamin yang bisa meningkatkan sistem kekebalan atau sistem imunnitas agar tetap dalam stamina fit.

2. Bagus untuk penglihatan

Belut juga memiliki manfaat sebagai makanan yang bisa menjaga fungsi mata. Ibu hamil yang makan belut memiliki kesempatan lebih banyak memiliki mata yang tetap sehat meskipun dalam keadaan lelah pandangan tetap fokus dan tidak samar samar. Hal ini untuk menghindari resiko mata minus melahirkan normal bagi ibu hamil

3. Berguna untuk kesehatan jantung

Jantung bayi yang lahir dari dalam rahim memang belum stabil. Bahkan beberapa bayi ada yang lupa untuk  mengambil napas, sehingga jantungnya telat bekerja. Padahal kejadian ini di nilai membahayakan untuk suplai oksigen ke otak. Oleh sebab itu, dengan memakan belut di harapkan agar bayi memiliki kesehatan atau pacu jantung yang baik untuk menghindari adanya kelainan jantung pada bayi baru lahir.

4. Baik untuk perkembangan otak bayi

Bayi yang lahir dengan sehat dan memiliki kemampuan intelektual tinggi menjadi dambaan untuk semua orang tua. Oleh sebab itu, banyak dari orang tua berharap anaknya memiliki kemampuan yang lebih. Salah satu faktor pemicu yang menjadikan anak bisa cerdas adalah dari makanan sehat untuk ibu hamil yang dikonsumsi. Ikan belut memiliki kandungan asam folat yang bisa membantu penyambungan sinaps sinaps dalam otak. Oleh sebab itu, mereka akan lebih pintar jika memiliki kandungan manfaat asam folat bagi ibu hamil, omega 3 dan omega 6 yang banyak.

5. Mencegah resiko kanker payudara

Wanita yang sudah menikah, bahkan sudah memiliki anak akan lebih rentan terkena kanker payudara. Penyebaran atau pertumbuhan kanker payudara juga di pengaruhi dari faktor genetic serta pola makan. Kandungan dalam ikan belut mencegah ibu hamil agar setelahnya terhindar dari kanker payudara. Terdapat kandungan HGH (human growth hormon) yang berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Banyak negara yang memfavoritkan ikan belut ini sebagai santapan sehari-harinya. Banyak yang percaya bahwa belut ini sebagai makanan penambah stamina. Biasanya belut di makan oleh pasangan-pasangan yang hendak malam pertama. Cara makannya juga cukup mudah dengan hanya memipihkan belut, kemudian di tambahkan dengan saus barbekyu atau saus pedas lainnya.

Category: Tips kesehatan

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: