EMPAT TANDA KEKURANGAN SERAT

| July 3, 2012 | 0 Comments

EMPAT  TANDA KEKURANGAN SERAT

Empat tanda kekurangan serat antara lain :

  1. ORANG tidak suka makan sayur itu biasa. Yang aneh orang tidak suka makan buah. Tak seperti sayur yang kadang -kadang terasa pahit atau hambar, buah memiliki rasa yang menyenangkan : asam, manis, atau kombinasi keduanya. Entah mengapa kedua jenis makanan ini sering tak disentuh. Padahal, bila tidak rutin mengomsumsinya, bisa mengalami konstipasi. konstipasi hanyalah satu hal yang menunjukkan bahwa kamu kekurangan serat.
  2. Sembelit. Jika dalam seminggu hanya buang air besar (BAB) tiga kali, dan fesesnya terasa keras dan kering, artinya kamu memang mengalami sembelit atau konstipasi. Konstipasi merupakan akibat kurangnya serat, jarang bergerak, dan selain itu karena beberapa pengobatan atau suplemen tertentu yang dikonsumsi. Jika konstipasi ini berhubungan apa yang kamu konsumsi, cobalah menambahkan lebih banyak makanan berserat, seperti apel, rasberi, wortel, brokoli dan gandum utuh. Tambahkan perlahan-lahan sampai tubuh terbiasa dengan asupan ini. Jangan lupa minum banyak air putih dan berolah raga secara teratur.
  3. Penambahan berat badan. Serat itu memberikan rasa kenyang. Rasa kenyang yang didapat juga terasa pas, tidak berlebihan. Jika tidak merasakanya, berarti makan lebih banyak dari pada yang diperlukan oleh tubuh. Coba penuhi kebutuhan serat harian sebanyak 25-35 gr, dengan menikmati makanan kaya serat seperti buah segar, gandum utuh dan sayuran.
  4. Gula darah naik turun. Jika diabetes dan sulit mengontrol gula darah, kemungkinan kamu kekurangan serat. karena saat berfungsi menunda penyerapan gula, dan membantu mengontrol kadar gula darah.

Category: Tips kesehatan

Leave a Reply

%d bloggers like this: