728×90

Air garam pengusir flu

| June 30, 2012 | 1 Comment

Garam. Demikian orang menyebutnya. Mendengar nama ini sudah terbayang dipikiran kita akan rasa asinnya. Terbayang pula garam adalah bumbu yang dapat meningkatkan cita rasa makanan. Garam dibutuhkan dalam metabolisme tubuh kita . Walaupun oleh beberapa orang tertentu yang penderita hipertensi ,  sedikit banyak akan mengurangi kosumsi garam, namun ternyata banyak manfaat yang dapat kita peroleh dengan jenis bahan ini.

Dari hasil penelitian oleh tim medis diketahui bahwa manfaat garam ini bisa digunakan untuk mengusir flu. Cara pemakaiannya adalah dengan berkumur air garam.

Secara lebih lengkap dapat membaca artiukel dibawah ini : 

Kompas.com - Cuaca yang lembab seperti di musim hujan seperti sekarang merupakan saat yang tepat bagi virus flu untuk menyerang. Banyak orang percaya berkumur dengan air garam efektif untuk meredakan gejala-gejala flu.

Menurut Dr.Philip T.Hagen, dari Mayo Clinic, berkumur dengan larutan garam akan membuang kelebihan cairan dari jaringan yang meradang di tenggorokan sehingga rasa kurang nyaman di tenggorokan bisa berkurang.

“Berkumur dengan garam juga akan menghilangkan lendir tebal dan menghilangkan alergen yang menyebabkan iritasi seperti bakteri dan jamur dari tenggorokan,” katanya.

Dalam sebuah penelitian secara random tahun 2005, para ahli mengamati 400 orang sehat selama 60 hari di musim flu . Sebagian partisipan diminta berkumur tiga kali sehari. Di akhir studi, kelompok yang berkumur memiliki risiko terkena infeksi saluran pernapasan atas berkurang 40 persen dibanding dengan orang yang tidak berkumur.

Selain mengurangi risiko infeksi, berkumur dengan garam juga terbukti mampu membuat gejala batuk lebih ringan. Penelitian lain menyebutkan, berkumur juga membantu mencegah hidung tersumbat.

Untuk hasil terbaik, larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat lalu gunakan untuk berkumur selama beberapa detik. Anda juga bisa mencampurkan air hangat dengan air perasan lemon dan madu. Kalau yang terakhir ini, setelah berkumur bisa langsung ditelan.

Category: Tips kesehatan

Comments (1)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. pian uhuy says:

    ouw gt….

    makasih banyak…

Leave a Reply

%d bloggers like this: