Bahaya Zat Hydroquinone dalam produk pemutih kulit bagi kulit

| August 28, 2014 | 4 Comments

kosmetik hydoquinoneBahaya Hydroquinone bagi kulit

Hydroquinone adalah salah satu bahan kimia yang banyak digunakan dalam bahan kosmetik. Hydroquinon berfungsi untuk membunuh “melanocytes” yaitu sejenis sel yang bertindak untuk mnghasilkan melanin. Sehingga kulit akan senantiasa cerah dan lebih putih dari sebelumnya.

Sebenarnya Hydroquinone adalah bahan yang sangat berbahaya dan merupakan bahan kimia yang sangat kuat, apabila digunakan pada kulit akan menyebabkankulit semakin tipis da mengelupas.

Penggunaan Hydroquinone pada kosmetik hanya dibolehkan sebesar 2% dan apabila 4% haruslah didampingi oleh dokter, bahkan pakar kecantikan juga tidak dibenarkan menggunakan Hydroquinone 4%.

Penggunaan Hydroquinone :

Biasanya Hydroquinone digunakan dengan cara disapu pada kulit dua kali sehari yaitu pagi dan sebelum tidur. kesan perubahan dapat dirasakan setelah 4-6 minggu. Ketika menggunakan Hydroquinon julit akan lebih sensitif dan sebaiknya menghindari sinar matahari.

Efek cerah pada kulit yang menggunakan Hydroquinon hanya bertahan selama 4-6 bulan saja, sehingga diperlukan penggunaan secara terus menerus untuk mendapatkan kulit cerah lebih lama. Dan hal inilah yang sebaiknya dihindari karena pemakaian Hydroquinon dalam jangka lama dapat membahayakan bahkan bisa menyebabkan kanker kulit.

Pada tahun 2006, FDA (Food and Drug Association) Amerika telah mencadangkan untuk melarang penjualan Hydroquinone 2% pada orang banayak tanpa petunjuk dokter. Sehingga hanya dokter saja yang boleh memberikan ijin pada orang dalam penggunaan Hydroquinone 2 %. Ini berarti bahwa Hydroquinon walaupun hanya 2 % dapat memberikan bahaya bagi penggunanya.

Efek Penggunaan Hydroquinone.

Penggunaan Hydroquinone dalam jumlah sedikit akan memberikan efek terbakar dan merah pada kulit yang dikenakan Hydroquinone. Adakalanya kulit tersebut menjadi lebih gelap terlabih dahulu dan secaa berangsur akan berkurang dan lebih cerah. Sebenarnya Hydroquinone adalah hasil metabolite dari penguraian banzene, yaitu sejenis penyebab kanker. Efek samping hydroquinone ×Kulit kering, pecah2 , Kemerahan/seperti kulit terbakar, iritasi, ×Perubahan warna pada kulit , Gatal2, bengkak, ×Sakit kepala, Sulit bernafas, dll.

Bagi anda yang menginginkan kulit yang putih, bersih, dan bersinar sebaiknya jangan menggunakan produk yang mengandung Hydroquinone. Dan sebaiknya menggunakan produk yang berbahan dasar herbal alami.  Mengapa demikian, karena produk yang terbuat dari bahan herbal alami akan memberikan efek yang nyata bagi anada dantidak menimbulkan efek samping apapun.

Category: Tips kesehatan

Comments (4)

Trackback URL | Comments RSS Feed

  1. Kiki says:

    Apa bener sich kak, hidrquinon bs utk ngilangin flek wajah?

  2. April says:

    hidrquinon yang aman kan 2% kak, kalo misalnya udah bener 2%, itu boleh digunakan untuk jenis kulit apa sih kak ?

  3. verdi says:

    hydroquinone sebenarnya bukan bahan berbahaya yang disamakan dengan mercury. Mercury memang bahan berbahaya,meski dipakai sedikit ataupun banyak. Tapi hydroquinone akan aman jika digunakan dengan kadar kecil (biasanya 2%-4%) DAN dalam pengawasan dokter. Intinya Hydroquinone itu untuk PENGOBATAN bukan PERAWATAN kecantikan. Silahkan teman2 lihat penjelasan dokter bahwa Hydroquinone itu aman di https://www.youtube.com/watch?v=Jt20bx9m90o

  4. Severine says:

    Apakah benar kalau semua krim kulit yang mengandung hydroquinone akan menghitam jika tidak masuk kulkas

Leave a Reply

%d bloggers like this: