Berikut 3 Tips Hidup Sehat dan Sederhana Namun Sangat Efektif Bagi Tubuh Kita

| July 25, 2018 | 0 Comments

Menikmati usia yang panjang dan bahagia dengan keluarga harus didukung oleh kesehatan yang terjamin baik. Untuk bisa memiliki tubuh bugar dan pikiran yang bebas stres, kamu tentu membutuhkan tips hidup sehat yang tepat.

Setidaknya ada 3 tips utama yang perlu kamu terapkan, yaitu menghindari kebiasaan buruk, memilih makanan yang menyehatkan, dan rutin olahraga. Namun harap diingat bahwa anjuran ini perlu dilakukan secara konsisten.

Tips Hidup Sehat 1: Menghindari Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk umumnya adalah faktor yang dapat merusak semua dedikasimu yang panjang terhadap hidup sehat. Berikut contoh kebiasaan buruk yang harus dihindari.

Hentikan Mengikuti Program Diet Instan

Program diet ketat dengan hasil instan tidaklah dianjurkan. Penurunan berat yang ekstrem akan membebani tubuh dan bisa mengantarkanmu pada berbagai penyakit, seperti dehidrasi, malnutrisi, maupun batu empedu.

Lebih disarankan untuk menjalani diet sehat melalui konsumsi nutrisi di bawah pengawasan dokter atau ahli gizi. Dengan begitu, penurunan berat badanmu juga terkendali sehingga tidak merugikan fisikmu.
Cukup Istirahat

Jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk tidur malam yang cukup. Durasi tidur yang dianjurkan bagi orang dewasa adalah 7 hingga 8 jam tiap malam.

Tidur akan menjaga sistem kekebalan tubuhmu agar tetap prima dalam memberantas kuman-kuman yang masuk ke tubuh. Ketahuilah bahwa penelitian menunjukkan bahwa kekurangan tidur dapat meningkatkan risikomu untuk mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Berhenti Merokok dan Hindari Minuman Beralkohol

Rokok dan minuman keras adalah kebiasaan buruk yang akan meracuni tubuhmu. Hentikan sekarang juga agar tubuhmu terhindari dari penyakit yang bisa mengancam jiwa, seperti penyakit jantung, penyakit hati, kanker, dan banyak lagi.

Tips Hidup Sehat 2: Memilih Makanan yang Seimbang

Apa kamu pernah merasa bersalah setelah makan? Mungkin karena makanan yang kamu konsumsi tidak bergizi dan banyak berisi lemak?

Nah, tips hidup sehat kedua ini menganjurkanmu untuk menerapkan pola makan seimbang agar rasa bersalah pun tidak lagi menghantuimu. Bagaimana caranya?
Kendalikan Dirimu

Jika kamu terus mengikuti selera makan yang meledak-ledak, dampaknya bisa terlihat pada tubuhmu yang makin tambun dengan drastis. Kondisi kesehatanmu kemudian ikut terancam.

Yang harus kamu lakukan bukanlah menyiksa diri dengan sama sekali menghindari makanan favoritmu. Kamu bisa memakannya asal porsinya dikurangi.

Terlalu menahan diri bisa saja membuatmu tidak puas. Akibatnya, suatu saat kamu malah gelap mata dan makan secara berlebihan.

Makan secara perlahan juga disarankan. Dengan makan pelan, kamu akan lebih puas secara psikologis sehingga porsimu pun akan terasa benar-benar cukup.
Siapkan Camilan yang Sehat

Rasa lapar bisa datang kapan pun. Pada saat-saat genting seperti ini, kamu membutuhkan camilan yang sehat.

Persiapan camilan sehat secara matang dapat mencegahmu beralih pada makanan penuh lemak, seperti gorengan, seblak, atau fast food.
Utamakan untuk Memperbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Karbohidrat dari nasi atau lemak dari daging memang penting. Tetapi yang tidak kalah penting adalah vitamin dan serat dari sayur maupun buah.

Makin bervariasi warna makanan dalam menumu, gizinya pun akan makin lengkap. Usahakan untuk mengonsumsi variasi buah dan sayur setidaknya 5 hingga 9 kali dalam sehari.

Tips Hidup Sehat #3: Berolahraga secara Rutin

Setelah berhasil menyingkirkan kebiasaan buruk dan mulai memahami pentingnya asupan nutrisi yang seimbang, saatnya kamu membiasakan diri untuk berolahraga secara rutin.

Olahraga sebaiknya dilakukan bertahap dan berkelanjutan agar kesehatan fisikmu meningkat seiring waktu.

Tidak perlu memilih olahraga yang rumit atau berat. Kamu cukup menyertakan aktivitas fisik ini selama setidaknya 2-6 jam dalam seminggu. Jalan kaki cepat, lompat tali, bersepeda, berlari, bisa menjadi pilihanmu.

Selain menyehatkan tubuh, olahraga bisa meningkatkan mood-mu. Tubuh akan melepaskan hormon endorfin berkat olahraga.
Hormon ini akan membuatmu merasa bahagia dan santai. Pikiran dan tubuh yang tenang akan ikut menghindarkanmu dari stres.

Dengan mengetahui tips hidup sehat di atas, saatnya kamu memilih mana yang cocok untukmu. Nah, jangan ragu untuk memulai hidup sehat dari sekarang!

Category: Tips kesehatan

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: