Cara Mudah Mengatasi Penyakit Flu pada Ibu Hamil

| August 24, 2015 | 0 Comments

flu saat hamilBagi anda ibu yang sedang hamil patutlah untuk senantiasa bersyukur dan terus menjaga kesehatan diri dan janin dalam kandungan. Namun juga harus berhati-hati karena ketika lengah sedikit saja akan mudah terserang penyakit. Sistem imun dalam tubuh seorang wanita yang hamil akanlebihterfokus untuk menjaga kesehatan janin dari pada sang ibu, nah disinilah permasalahannya, ketika sistem imun ibu sedang lemah dan lebih terfokus pada janin, tubuh sang ibu akan sangat mudah terserang penyakit. Salah satu penyakit yang sangat mudah menyerang adalah penyakit flu.

Cara mengatasi flu memang sangat mudah yaitu dengan mengkonsumsi obat dan istirahat yang cukup. Lalu, bagaimana dengan ibu hamil? Ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk minum obat kimia karena bisa mengganggu kehamilan.

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana cara mengatasi flu saat hamil? Untuk menyembuhkan flu ketika hamil bisa dilakukan dengan cara-cara alami dan menggunakan bahan-bahan alami. Cara mengatasi flu secara alami ini sangat aman untuk dilakukan oleh ibu hamil terutama yang masih hamil muda. Menggunakan cara alami ini tentunya lebih aman dibandingkan menggunakan obat-obatan kimia. Untuk lebih jelasnya, berikut akan dijelaskan secara detail bagaimana cara menyembuhkan flu ketika sedang hamil.

Cara Mengatasi Flu Untuk Ibu Hamil

Untuk mengatasi flu ketika hamil ada banyak cara yang bisa digunakan. Berikut beberapa cara mengatasi flu saat hamil iantaranya yaitu:

  • Minum air putih hangat

Untuk cara mengatasi flu yang bisa dilakukan secara tradisional yaitu dengan memperbanyak minum air putih hangat. Air putih hangat bisa membantu menghilangkan kuman yang ada di tenggorokan. Selain itu, dengan memperbanyak minum air putih juga bisa membantu mengganti cairan tubuh yang hilang akibat ingus dan juga keringat yang keluar dari tubuh. Minimal minumlah air putih hangat 8 gelas setiap harinya agar flu bisa sembuh.

Mengatasi flu juga bisa menggunakan madu. Seperti yang diketahui bahan alami yang dihasilkan oleh lebah ini mempunyai banyak sekali manfaat, salah satunya bisa membantu menyembuhkan flu. Kandungan yang ada dalam madu ini bisa membantu melegakan tenggorokan dan membuat tubuh menjadi bugar kembali. Konsumsilah madu yang dicampur dengan sedikit air hangat setiap malam sebelum tidur agar flu cepat reda.

  • Kumur dengan garam

Cara mengatasi flu saat hamil yang paling mudah yaitu dengan berkumur dengan air garam. Garam bisa membantu kuman dan juga virus yang ada di tenggorokan Anda. Selain itu, dengan berkumur air akan menjadikan garam tenggorokan akan menjadi lebih plong. Selain untuk berkumur, Anda juga bisa meminum air garam ini untuk melegakan tenggorokan.

  • Terapi uap

Cara mengatasi flu secara alami yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan terapi uap air. Uap air yang digunakan bisa menggunakan uap air hangat saja ataupun dengan mencampurnya dengan rempah-rempah. Gunakan uap air ini sebagai aroma terapi setiap pagi hari. Dengan uap air ini bisa membantu mengencerkan ingus yang ada di dalam hidung dan juga tenggorokan. Agar lebih cepat membantu melegakan tenggorokan, Anda juga bisa menambahkan bawang dan rempah lainnya.

  • Banyak makan buah dan sayur

Agar flu cepat sembuh, ibu hamil sangat disarankan untuk banyak makan buah dan juga sayur. Dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur, nutrisi dalam tubuh bisa terpenuhi dan bisa membantu dalam memperbaiki sistem imun dalam tubuh. Dengan sistem imun yang baik, sudah barang tentu bisa membantu menyembuhkan flu berat yang diderita ibu hamil. Baca juga artikel sebelumnya tentang cara menjaga kehamilan.

  • Minum air jahe hangat

Jahe hangat merupakan cara mengatasi flu yang paling ampuh. Buatlah minuman jahe hangat dengan menggunakan jahe yang sudah dibakar kemudian dikeprek dan sudah dengan air hangat. Lebih bagus lagi jika yang digunakan adalah jahe merah. Minuman ini bisa membantu melegakan tenggorokan dan membunuh virus flu dalam tubuh.

Selain cara mengatasi flu diatas, Anda juga harus mengimbanginya dengan istirahat yang cukup. Kunci kesembuhan ibu hamil dari penyakit flu adalah istirahat yang cukup. Dengan istirahat yang cukup, tentu sistem kekebalan dalam tubuh akan semakin meningkat. Hal ini akan membantu tubuh menghilangkan virus flu. Untuk ibu hamil yang terkena flu ini sangat dianjurkan untuk istirahat total atau bedrest agar daya tahan tubuh kembali normal.

Category: Edukasi, Tips kesehatan

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: