Ciri-ciri Jenis Kulit Wajah dan cara merawatnya

| September 17, 2015 | 0 Comments

kulit wajahJenis Kulit Wajah dan cara merawatnya

Setiap orang memiliki kulit wajah yang berbeda-beda, sangat penting bagi kita untuk mengetahui apakah jenis kulit yang kita miliki. Ada 5 macam jenis kulit yang dijadikan dasar dalamperawatan wajah, Yaitu :

  1. Kulit Berminyak
  2. Kulit Normal
  3. Kulit Sensitif
  4. Kulit Kering
  5. Kulit Kombinasi

Pengelompokan jenis kulit diatas tergantung pada banyak sedikitnya minyak di wajah. Nah untuk mengetahui jenis kulit yang anda miliki dapat anda ketahui melalui ciri-ciri berikut ini.

  1. Kulit berminyak cenderung bersinar dengan pori-pori yang besar dan rawan bintik-bintik hitam (komedo).
  2. Kulit normal adalah jenis kulit yang paling lembut dan rapat. kulit normal juga umunya bersih, bebas dari bintik, halus, lembut, dan tidak memiliki daerah yang berminya atau berkerut. kulit normal juga tidak kering dan memiliki permukaan yang lentur. kesehatan kulityang berada didalam juga akan terlihat diluar sebagai hasil dari sirkulasi yang lancar dan kesehatan tubuh yang sempurna.
  3. Kulit sensitif cenderung tipis, lembut dengan pori-pori yang kecil. Terlihat pembuluh-pembuluh darah , mudah terluka, sering alergi dan kemerahan.
  4. Kulit kering dirasakan kencang terutama pada saat sesudah dibersihkan. Ada kecenderungan keriput-keriput tipis, mudah mengelupas dan berbercak-bercak merah. Warna kulit kelihatan kusam, pucat karena banyaknya kulit mati.
  5. Kulit kombinasi memang cukup unik, berminyak di beberapa area dan kering pada area lain, Biasanya yang paling breminyak adalah dearah T, yang meliputi dahi, hidung dan dagu. tetapi, di bagian pipi dan di sekitar mata juga sering terasa kering.

Cara Melakukan perawatan pada kulit wajah haruslah berdasarkan jenis kulitnya. Hal ini dimaksudkan agar wajah lebih sehat dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh kulit wajah. Saalah satu cara terbaik adalah dengan menggunakan Masker wajah.

Ada Banyak Jenis masker wajah yang beredar dipasaran, dari yang mahal sampai yang murah. Nah untuk lebih amannya dapat kitta gunakan masker wajah buatan sendiri dirumah dengan bahan alami yang mudah didapat, selain murah masker ini juga sangat aman tanpa bahan kimia.

Cara Membuat Masker Jeruk untuk Jenis Kulit Normal / Berminyak.

Masker ini cocok digunakan terutama pada saat udara panas. Fungsinya untuk menghaluskan kulit wajah dan membuatnya terasa kencang. Namun tidak kering.

Caranya: peras air jeruk dari 2 buah jeruk (jenisnya boleh dari jeruk apa saja, tapi lebih disarankan jeruk sunkist). Campur dengan 1 bungkus gelatin, aduk rata. Simpan dalam lemari es sampai adonan cukup padat. Oleskan pada wajah, kecuali pada area mata dan bibir. Biarkan selama sekitar 10-15 menit, lalu bilas dengan air sejuk dan keringkan wajah.

Cara Membuat Masker Jeruk Nipis untuk Kulit Kombinasi

Jenis kulit kombinasi bisa dibilang jenis yang agak ribet, karena bisa timbul jerawat namun juga kering dibeberapa area. Masker jeruk nipis ini cocok buat jenis kulit tersebut. Manfaat lain dari jeruk nipis bisa untuk mengatasi penuaan dini.

Caranya: peras ½ bagian jeruk nipis, campur dengan putih telur dari satu putih telur yang sudah dikocok sampai kaku. Setelah diaduk rata, oleskan pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat.

Cara Membuat Masker Alpukat untuk Kulit Kering

Alpukat memiliki kandungan lemak yang berkhasiat melembabkan kulit. Cocok sekali untuk kulit yang kering supaya lembab, lembut dan kenyal.

Caranya : Lumatkan 1 buah alpukat, campur dengan 1 sendok makan madu dan aduk sampai rata. Oleskan merata pada wajah, biarkan selama sekitar 10 menit hingga mengering. Bilas dengan air hangat dan spon wajah yang lembut.

Demikian sedikit penjelasan mengenai ciri-ciri jenis kulit wajah dan cara merawatnya dengan menggunakan bahan alami dan murah. Semoga dapat memberikan manfaat dan selamat mencoba. Terimakasih

Category: Edukasi, Tips kesehatan

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: