Faktor Penyebab Nyeri pada Punggung

| February 21, 2014 | 0 Comments

nyeri punggungRasa nyeri dibagain punggung merupakan keluhan tersering kedua yang di keluhkan masyarakat kepada dokter atau petugas kesehatan setelah Keluhan Flu. Ketika kita mengetahui fakta tersebut harusnya kita berfikir pasti ada yang salah dalah kebiasaan masyarakat dikehidupan sehari-harinya. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan nyeri pada pungung seperti memakai sepatu hak tinggi, duduk terlalu lama, dll. Dan Untuk lebih jelas serta apa saja kebiasaan yang menyebabkan nyri pada punggung, berikut ulasan lengkap dari detik.com.

Jakarta – Selain di lutut atau persendian tangan, nyeri di punggung sering menjadi masalah bagi kebanyakan orang. Bagaimana tidak, nyeri punggung bisa mengganggu aktivitas terutama bagi mereka yang menghabiskan sebagian besar waktunya dengan berdiri atau duduk.

Misalnya orang yang bekerja sebagai kasir atau karyawan. Nah, dalam keseharian ada pula beberapa kebiasaan yang dianggap sepele tapi bisa jadi biang keladi nyeri punggung, seperti dilansir She Knows, Jumat (21/2/2014) berikut:

Memakai sepatu hak tinggi

Heels yang tingginya lebih dari tiga inci memberi tekanan pada kaki tujuh kali lebih banyak dan otomatis menimbulkan gangguan pada tulang belakang. Ditambah lagi, hampir setengah wanita yang menggunakan high heels lalu mengalami cedera kaki pun punggungnya terasa nyeri. Jika Anda gemar menggunakan sepatu hak tinggi, sebaiknya pilih yang menggunakan hak sepatu kurang dari tiga inci.

Membawa tas berat

Tak mengherankan banyak wanita yang mengalami nyeri punggung karena rata-rata tas wanita berbobot 16 kg. Pastinya jumlah ini bisa membuat ketidakseimbangan yang mengakibatkan ketegangan pada bahu dan otot punggung. Maka dari itu pastikan selalu jika bobot tas Anda kurang dari 10 persen berat badan.

Membungkuk

Membungkuk bisa memberikan tekanan tambahan sekitar 45 kg pada bagian bawah punggung. Penyebabnya, ketika membungkuk ligamen dan otot akan tegang demi menyeimbangkan tubuh. Akibatnya, otot jadi lelah dan Anda merasakan sakit punggung. Untuk mengatasi posisi membungkuk, pakailah kursi ergonomis di kantor supaya posisi Anda tetap bisa tegak.

Terlalu banyak duduk

Terlalu lama duduk bisa menyebabkan nyeri pada punggung dan tulang ekor terutama ketika Anda akan beranjak dari posisi duduk. Idealnya, Anda harus mengubah posisi duduk setiap 20 atau 30 menit. Lakukan juga peregangan sejenak. Jika dalam perjalanan panjang, usahakan melakukan peregangan selama 90 menit.

Stres

Gaya hidup stres alias penuh tekanan memang selalu mengkhawatirkan. Selalu terburu-buru, melewatkan waktu makan malam, sampai tidur larut pun bisa menyebabkan otot-ototo punggung Anda tegang. Maka dari itu, sebaiknya luangkan waktu untuk relaksasi dan fokus menjaga postur punggung dengan melakukan peregangan, yoga, dan latihan inti yang dapat memperkuat otot punggung.

Memaksa tubuh melakukan aktivitas fisik

Mencoba bentuk olahraga baru bisa membuat otot punggung Anda tidak terbiasa. Hingga akhirnya, otot di punggung akan mendapat tekanan yang berat. Jika ingin mencoba jenis olahraga baru, ada baiknya pelajari dulu bagaiamana gerakan tersebut dan berlatihlah mengangkat, mendorong, dan menarik untuk meregangkan otot punggung. Sambil bersantai atau tidur, gunakan bantal ergonomis untuk membuat leher dan punggung Anda nyaman.

Demikian kebiasaan-kebiasaan yang dapat menyebabkan nyeri pada punggung. Semoga dengan sedikit pemaparan diatas kita dapat mencegah dan menjaga tubuh kita sendiri dari nyeri pada pungung. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Category: Tips kesehatan

Leave a Reply

%d bloggers like this: