Jenis Buah yang beracun dan berbahaya bagi kesehatan tubuh

| February 13, 2015 | 0 Comments

Buah Apel ImportBuah Merupakan salah satu makanan yang sangat baik untuk kesehatan. bahkan dalam kehidupan sehari-hari kita tidak bisa lepas dari beraneka buah. Buah juga menjadi makan utama sebagai sumber vitamin bagi tubuh.

Namun banyak orang yang tidak menyadari bahwa ada bahaya yang tersembunya dibalik mengkonsumsi buah-buahan. Sebagian dari jenis buah itu ada yang berbahaya bagi kesehatan dikarenakan memiliki kandungan racun didalamnya. Hal ini diluar dari penggunaan zat pengawet pada buah yang banyak dijual di supermarket ya, karena racun ini ada dari dalam buah atau bijinya itu sendiri.

Nah buah apa saja yang memiliki racun yang dapat berbahaya bagi kesehatan bila dikonsumsi ? Ada beberapa buah yamg memiliki racun yang berbahaya bagi kesehatan diantaranya :

  • Ceri

Buah Ceri adalah salah catu jenis buah yang serbaguna dan dapat dikonsumsi dalam bentuk mentah atau dimasak terlebih dahulu sebagai hidangan penutup. Tetapi sebagian dari kita tidak tahu bahwa sebenarnya buah Ceri adalah buah yang beracun. Racun pada buah ceri terdapat pada bijinya yang apabila itu secara tidak sengaja terkunyah atau hancur akan menghasilkan Hidrogen sianida.

Zat Hidrogen Sianida dapat menyebabkan seseorang mengalami keracunan dengan gejala seperti Sakit kepala, pusing, muntah-muntah, timbul rasa cemas dan gelisah. Dosis yang lebh tinggi lagi dapat menyebabkannya sulit bernafas, peningkatan tekanan darah dan denyut jantung, serta gagal ginjal. Bahkan dalam beberapa kasus dapat menyababkan koma, kejang-kejang hingga kematian akibat kesulitan bernafas.

  • Asparagus

Asparagus merupakan jenis sayuran yang sangat nikmat jika diolah menjadi sup atau salad. Namun pohon asparagus juga menghasilkan buah yang juga beracun. Buah asparagus berwarna merah seukuran buah berry dengan diameter 6 sampai 10 milimeter. Apabila buah ini termakan oleh manusia akan menyebabkan keracunan, sehingga buah ini tergolong buah yang berbahaya bagi kesehatan.

  • Aprikot

Buah Aprikot merupakan buah yang sangat enak dan aman dikonsumsi. namun dalam biji buah ini terkabdung racun yang berbahaya bagi kesehatan. Sama seperti biji buah ceri, pada biji buah aprikot juga menganding sianida, yang apabila termakan dapat menyebabkan keracunan.  Gejala keracunan sianida dari biji buah aprikot adalah mual-mual, demam, ruam, sakit kepala, insomnia, peningkatan rasa haus, lelah, lesu, gelisah, rasa sakit pada persendian dan otot, Penurunan tekanan darah. Hal ini karena selain kandungan sianida pada biji aprikot juga mengandung zat beracun lainnya seperti amygdalin, glikosida sianogen yang beracun.

  • Jatropha

Buah Jatropha merupakan sumber dari zat toxalbumin kursin yang sangat beracun,. Meskipun jika dimasak efek racun dari zat ini akan berkurang. Getah pohon dari buah Jatopha juag dapat menyebabkan iritasi kulit. Dan biji buahnya mengandung racun yang sangat berbahaya dan fatal apabila tertelan.

  • Apel

Buah apel adalah buah yang sangat banyak digemari oleh masyarakat. Buah yang sangat mudah didapat ini memiliki rasa yang enak dan nikmat. memakan satu buah apel dapat menjauhkan kita dari dokter karena dapat menyehatkan. Namun dibalik kelezatan dan kesehatan yang ditawarkan buah apel ini ternyata juga terdapat bahaya yang dapat mengancam kita. Yaitu apabila kita memakan bijinya, biji buah apel mengandung glikosida sianogen yang menyebabkan terbentuknya sianida yang beracun apabila terkunyah atau termakan.

Dan kabar baiknya biji dalam satu buah apel tidak akan menyebabkan gejala apapun karena dosisnya yeng rendah. Tetapi ada beberapa kasus dapat menyemabkan kematian karena mengkonsumsi biji apel dalam jumlah yang berlebihan.

  • Nangka

Buah nangka merupakan salah satu buah yang sangat nikmat danmemiliki rasa yang khas serta unik. Namun didalam buah nangka juga terdapat zat yang berbahaya bagi sebagian orang. Diantaranya adalah kandungantoksit yang berbahaya bagi penderita Maag, Juga mengandung getah yang apabila termakan  dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Demikian sedikit penjelasan mengenai beberpa jenis buah yang dibalik kenikmatannya juga mengandung racun yang berbahaya. Disamping itu kini banyak juga buah-buahan import yang mengandung zat pengawet dan banyak kita jumpai di supermarket.

Marilah kita mulai berhati-hati dalam memilih setiap makanan yang kit akonsumsi. Jangan sampai yang sebenarnya kita iningin sehat dengan mengkonsumsi buah justru menderita sakit karenanya. Semoga ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua dan menjadikankit asemakin berhati-hati. Terima Kasih

Category: Tips kesehatan

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: