KEUNGGULAN DIET RENDAH KALORI

| December 23, 2012 | 0 Comments

Diet rendah kalori ini adalah panduan pola makan yang didasarkan pada induk ilmu gizi konvensional yang lazim diajarkan disekolah susunan hidangan sehat mencakup “4 sehat 5 sempurna” terdiri dari makanan pokok, makanan sumber protein nabati, hewani, sayuran, buah-buahan, dan disarankan ditambah susu. Secara umum, kecukupan asupan kalori dihitung secara matematis berdasarkan jenis kelamin, berat badan, dan aktivitas. (meskipun sudah direvisi menjadi “Pedoman Umum Gizi Seimbang”, kami tetap menggunakan istilah “4 sehat 5 sempurna” karena lebih terpopuler dimasyarakat.

Aturan main untuk mendapatkan tubuh langsing dan sehat :

Konsumsi makanan sumber karbohidrat dan lemak dibatasi sebanyak 500 – 1000 kalori dibawah kebutuhan normal dng harapan akan dapat mengikis kelebihan berat badan 500 gr hingga 1 kg perminggu. Artinya : pelaku harus membatasi makanan padat karboidrat (Nasi, mi, roti, umbi-umbian, dan makanan yang terbuat dari tepung) serta makan dan minuman manis dan berlemak atau gorengan. ” Pedoman baku Penuntun Diet” dari bagian Gizi RS Dr. Cipto Mangun kusuma dan persatuan Ahli Gizi Indonesia menawarkan 3 macam pilihan : Diet 1.700 kalori, diet 1.500 kalori, dan diet 1.200 kalori. Agar perut tetap kenyang sekalipun makanan sumber karbohidrat dibatasi, pelaku disarankan mengkonsumsi makanan tinggi serat, khususnya buah dan sayuran.

Untuk memberikan gambaran nyata, inilah contoh panduan diet berikut jumlah makanan yang boleh Anda habiskan dalam sehari. Semakin rendah kandungan kalorinya, semakin terbatas sumbangan gizinya. Tidak dianjurkan melakukan diet dengan kalori sangat terbatas (1.200 kalori atau kurang) tanpa dipandu oleh Ahli gizi.

Keunggulan :

  • Anda dibebaskan memilih jenis diet mana pun. Makin rendah asupan kalori, makin cepat terjadi penurunan berat badan. Namun diet kurang dari 1.200 kalori, kurang mengandung Vitamin B-kompleks
  • Jika dilaksanakan dengan baik dan benar, pola makan dijamin cukup protein, vitamin dan mineral.
  • Memberikan hasil yang nyata dan terukur.

Keterbatasan :

  • Makain rendah jumlah kalori diet yang dipilih, makin teinggi tantangannya. Karena Anda akan makin sering didera rasa lapar, sehingga harus sering makan buah atau sayur, dan sayangnya bukan mi goreng.
  • Setiap kali makan, Anda harus selalu berhitung apakah nasi, mi atau makanan sumber karbohidrat lainnya. Yang ada dipiring anda tidak boleh melebihi takaran kalori.
  • Cenderung asosial, karena anda harus menolak ajakan makan pasta direstoran atau tawaran makan kue, misalnya dengan alasan “Saya sedang diet”

Saran :

  1. Perhatikan jumlah konsumsi makanan selain sumber karbohidrat, karena keasyikan membatasi kalori sering membuat kecukupan konsumsi lauk pauk, sayur, dan buah ikut terabaikan, Ingat, membatasi kalori tidak berarti membatasi makanan.
  2. Jika Anda memilih diet 1.200 kalori sebaiknya didampingi Ahli Gizi, karena diet ini kurang menjamin kecukupan Asupan Vitamin B kompleks. Tidak disarankan melakukan diet ketat dibawah 1. 200 kalori, karena rawan mengakibatkan kurang gizi.
  3. Pilih Ahli gizi yang memiliki keahlian memasak Dengan Demikian. Anda bisa mendapatkan panduan gizi sekaligus keterampilan menyusun beragam menu dan menyajikan aneka masakan, sehingga makanan Anda tidak bosan.

Sumber : Majalah Nirmala

Category: Tips kesehatan

Leave a Reply

%d bloggers like this: