Kopi dan Dampak Negatif Kafein untuk Tubuh

| February 25, 2014 | 0 Comments

caffeine

Kopi

kopi adalah salah satu jenis minuman yang paling banyak digemari oleh sebagian besar penduduk dunia. Kopi memeng memiliki cita rasa yang khas yang dapat menjadikan peminumnya merasa ketergantungan. Zat kafein yang ada dalam kopi lah yang menjadikan sebagian besar manusia kecanduan kopi. Tidak sedikit dari mereka sebenarnya juga sudah mengetahui dan mengerti akan bahaya kafein, namun karena sudah kecanduan membuat mereka sulit untuk meninggalkan kopi. Padahal selain dapat menjadikan ketergantungan atau kecanduan, kafein juga memiliki bahaya yang lain bagi kesehatan. Berikut beberapa diantaranya.

Bahaya Kafein Untuk kesehatan :

  • Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung.

Kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Itu sebabnya mengapa para dokter tidak menganjurkan mereka yang menderita penyakit jantung untuk minum kopi.

  • Mengurangi Kesuburan Wanita.

Dari hasil penelitian di USA, Wanita yang minum kopi atau kafein sebesar 300 mg per hari memiliki tigkat kesuburan dan kesempatan hamil yang lebih rendah sebesar 27% dari mereka yang bebas kafein

  • Membahayakan penderita Darah tinggi.

Sama Halnya denga penderita penyakit jantung, Orang yang menderita darah tinggi juga sangat dianjurkan untuk menjauhi kopiatau kafein.

  • Menyebabkan pengeroposan tulang.

Pengeroposan tulang akibat dari konsumsi kafein terlalu banyak lebih sering diketahui ketika usia lanjut. dan dari hasil penelitan memperlihatkan bahwa orang yang lebih banyak konsumsi kafein memiliki tingkat pengeroposan tulang yang lebih besar dari pada yang konsumsi kafeinnya tidak berlebihan atau bahkan bebas kafein.

  • Dapat menyebabkan Insomnia, mudah gugup, sakit keapala, tegang dan cepat marah.

Terlalu banyak minum kopi juga dapat mengakibatkan insomnia, sakit kepala , tegang dan cepat marah. hal ini disebabkan oleh za kafein yang memaksa tubuh untuk terus bekerja dan tidak istirahat akhirnya emosi tidak bisa terkontrol .

Kandungan kafein dalam kopi oleh sebagian kalangan medis mengkategorikannya sama dengan nikotin dalam rokok dan kokain dalam drugs. Yaitu sama sama zat adiktif yang dapat memberikan stimulan langsung ke otak tanpa perantara dan dapat menimbulkan ketergantungan.

Demikian sedikit penjelasan mengenai kopi dan dampak negatif kafein untuk tubuh. Semoga dengan sedikit ini dapat memberikan manfaat bagi kita semuanya . Serta semoga dapat meningkatkan keinginan untuk mengurangi kunsumsi kafein bagi yang gemar kopi.

Category: Tips kesehatan

Leave a Reply

%d bloggers like this: