Kulit Sensiitif dan Penyebabnya

| March 7, 2015 | 0 Comments

Kulit SensitifApakah kulit anda sensitif ? Salah satu ciri dan tanda jika seseorang memiliki kulit sensitif adalah kulit akanterasa gatal dan memerah terutama pada bagian pipi, dagu, dan hidung. Selain itu kulit sering kali dibarengi dengan timbulnya jerawat, kulit kering, dan rasa perih. Kulit sensitif Sesuai dengan namanya, kulit sensitif adalah kulit yang bereaksi dengan cepat terhadap suatu produk seperti sabun tertentu, rias wajah, bahan kimia, dan bahkan perubahan suhu.

Kulit sensitif membutuhkan sebuah perawatan yang sangat khusus untuk menghindari, mencegah, dan meminimalkan terjadinya gatal dan iritasi pada kulit. Tidak hanya dalam penggunaan produk, dalam hal kondisi lingkungan dan suhu juga harus menjadi perhatian. Karena lingkungan yang tidak bersih, berpolusi, juga dapat menyebabkan suatu reaksi pada kulit.

Dalam merawat kulit sensitif tidak bisa sembarangan karena banyak produk yang justru dapat menyebabkan permasalahan dan dampak negatif pada kulit sensitif. dan hal itu akan sangat mengganggu dalam penampilan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus menjadi perhatian khusus bagi anda yang memiliki jenis kulit sensitif, karena dapat menyebabkan rasa gatal, jerawat, kulit kering dan iritasi. Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai beikut ;

  • Kosmetik

Pemilihan produk kosmetik haruslah sangat selektif, karena jika salah pilih bukan kulit yang sehat dan cantik yang didapat tapi justru jerawat, gatal, dan kulit yang bermasalah yang anda dapatkan.

  • Zat Kimia dan alkohol

Kandungan zat kimia pada obat-obatan, sabun atau juga alkohol pada produk penyegar wajah juga dapat menyebabkan permasalahan pada jenis kulit sensitif.

  • Polusi udara dan Lingkungan yang tidak bersih

Kondisi lingkungan yang tidak bersih, banyak debu, dan polusi juga sangat memungkinkan menjadi salah satu penyebab terjadinya permasalahan pada kulit sensitif. dan masih bayak hal lain yang harus menjadi perhatian khusus bagi anda yang memiliki jenis kulit sensitif.

Dengan kondisi yang demikian, Lalu mengapa seseorang bisa memiliki jenis kulit sensitif dan yang lain ada yang berjenis kulit normal, berminyak, kering, dll?. Apa Penyebab utama terjadinya kulit sensitif?

Penyebab Kulit sensitif :

  • Kosmetik

Adanya zat aktif dalam beberapa jenis kosmetik dan pemakaian berlebihan serta dalam jangak waktu yang lama dapat memicu kulit menjadi sensitif.

  • Perubahan Kulit

Anda yang berjenis kulit normal sebaiknya jangan senang dulu karena tidak menutup kemungkinan kondisi kulit akan mengalami perubahan menjadi sensitif pada suatu saat. Hal ini dapat terjadi apabila terlalu sering dan berlebihan dalam menggunakan kosmetik yang bekerja mengangkat sel kulit, sehingga lambat laun lapisan kulit menjadi tipis dan lebih sensitif.

  • Sinar UV

Paparan sinar UV matahari juga dapat menjadi penyebab terjadinya kulit sensitif. Hal ini dapat terjadi karena ketika kulit terkena dan terbakar sinar matahari proses pembentukan stuktur kolagen, pigmen dan melanin menjadi tidak sempurna, sehingga menyababkan kulit menajdi sensitif.

  • Alergi

Sensitivitas kulit sering kal muncul pad asaan mengkonsumsi bahan makanan tertentu. Hal ini dipicu adanya reaksi penolakan tubuh atau alergi terhadap makanan tersebut.

Demikian sedikit penjelasan dari kami, semoga dapat memberikan manfaat dan bisa menambah khasanah keilmuan kita akan jenis kulit sensitif. Terima Kasih

Category: Edukasi, Tips kesehatan

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: