Makanan dan buah yang mampu meredakan stres

| June 27, 2016 | 0 Comments

ikan salmonStres adalah salah satu gangguan kesehatan yang hampir setiap orang mengalami. Stres dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah terlalu banyak pikiran. Stres pada seseorang ditandai oleh banykannya atau meningkatnya hormon kortisol pada tubuh. Nah untuk mengurangi kadar hormon tersebut ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi. berikut diantaranya.

KOMPAS.com – Kita tentu tahu kalau stres dapat menyerang semua orang. Stres sendiri bisa disebabkan oleh beragam hal. Masalahnya, jika stres telah melanda, apa yang perlu kita lakukan?

Sebenarnya, terdapat beberapa cara untuk menghilangkan stres, seperti meditasi, olahraga, atau istirahat. Se itu, tahukah Anda kalau makanan juga dapat membantu kita untuk menghilangkan stres?

1. Blueberry.
Buah ini kaya akan antioksidan. Blueberry juga mengandung fitonutrien yang berperan dalam sistem pertahanan tubuh. Zat ini membantu meningkatkan respon tubuh untuk melawan radikal bebas yang berhubungan dengan stres.

2. Salmon.
Omega 3 di dalam salmon dapat mengurangi hormon kecemasan, seperti hormon kortisol yang akan meningkat saat stress menyerang.

Menurut Lisa Cimperman, RD, dari University Hospitals Case Medical Center, omega 3 di dalam salmon memiliki sifat antiinflamasi. Nah, sifat inilah yang membantu tubuh melawan efek negatif dari hormon stres.

3. Dada Kalkun.
Yang satu ini mengandung tryptophan (salah satu asam amino penyusun protein) yang membantu meningkatkan produksi hormon serotonin.

Hormon serotonin inilah yang dapat memicu rasa senang dalam diri kita. Tryptophan juga banyak terkandung dalam kacang-kancangan, biji-bijian, ikan, oat, dan telur

4. Sayuran berdaun hijau.
Menurut Heather Mangieri dari Academy of Nutrition and Dietetics, sayuran berdaun hijau seperti bayam mengandung folat yang dapat meredakan stres. Folat akan menghasilkan dopamin. Yaitu, bahan kimia yang merangsang rasa bahagia di dalam otak. Alhasil, ia akan membuat kita jadi lebih tenang.

Sebuah studi di Universitas Otago juga menemukan temuan serupa. Menurut studinya, mahasiswa cenderung merasa lebih tenang, bertenanga, dan bahagia ketika makan lebih banyak sayuran hijau dan buah-buahan.

5. Oatmeal.
Menurut sebuah studi, karbohidrat dapat membantu otak untuk memproduksi serotonin. Tapi, tunggu dulu. Sebaiknya, kita tidak mengonsumsi karbohidrat dari makanan manis seperti donat.

Pasalnya, stres dapat menyebabkan naiknya gula darah. Nah, yang perlu kita konsumsi adalah karbohidrat kompleks seperti oatmeal.

Category: Tips kesehatan

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: