Makanan-Makanan Penguat kandungan Ibu Hamil

| September 11, 2015 | 0 Comments

makanan ibu hamilBanyak Ibu Hamil atau masyarakat secara umum hanya mengetahui, penguat kandungan hanya bisa dilakukan menggunakan obat penguat kandungan. Padahal ibu hamil harus meminimalisir jumlah obat yang masuk ke dalam perutnya, konsumsi obat yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan janin di dalam kandungan. Konsumsi makanan sehat untuk ibu hamil yang sebaiknya dilakukan. Ibu hamil bisa mengganti obat penguat kandungan dengan makanan penguat kandungan.

Banyak macam atau berbagai jenis makanan penguat kandungan yang ada di sekitar kita. Namun banyak diantara kita tidak tahu bahwa makanan jenis tersebut bisa dijadikan sebagai penguat kandungan.

Berikut ini jenis makanan yang bisa dijadikan sebagai penguat kandungan :

  • Telur

Berbagai macam jenis telur cocok dijadikan sebagai makanan penguat kandungan lemah. Hal itu dikarenakan di dalam telur banyak terdapat gizi ibu hamil, terutama kandungan omega-3 dan protein yang berfungsi untuk menguatkan kandungan. Jenis telur yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil adalah telur bebek, telur angsa, telur ayam negeri, telur ayam kampung dan berbagai macam telur lainnya. Kandungan protein tertinggi ada pada telur bebek, hal itu bisa ditandai dengan warna kuning telurnya.

  • Kacang Hijau

Kacang hijau bermanfaat untuk menguatkan kandungan ibu hamil. Hal itu dikarenakan di dalam kacang hijau memiliki kandungan zat besi tinggi. Selain bermanfaat untuk meningkatkan hb dalam darah, kacang hijau juga bisa menjaga perkembangan janin yang sehat selama kehamilan.

  • Kecambah

Kecambah terkenal sebagai cara sepat hamil, untuk menyuburkan dan meningkatkan kualitas sperma pria. Ibu hamil juga bisa mengkonsumsi kecambah untuk makanan penguat kandungan alami. Caranya adalah merebus kecambah tersebut sampai matang dan menjadikannya sebagai lalapan makanan.

  • Kacang Kedelai

Kacang kedelai adalah salah satu jenis makanan penguat kandungan yang efektif. Kacang kedelai rendah lemak namun di dalamnya memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain kandungan proteinnya yang tinggi, kacang kedelai memiliki zat isoflavon, asam phytic dan zat saponin yang bermanfaat bagi tubuh. Kacang kedelai tidak hanya menguatkan kandungan namun juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit kanker, jantung dan pengeroposan tulang. Untuk menguatkan kandungan ibu hamil bisa mengkonsumsi kacang kedelai yang telah direbus atau bisa juga meminum susu kedelai.

  • Yogurt

Olahan susu sapi yang satu ini, memang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Selain bermanfaat untuk sistem pencernaan, yogurt bisa dijadikan sebagai salah satu makanan penguat kandungan. Manfaat yogurt untuk ibu hamil mengandung kalsium dan protein untuk mengoptimalkan perkembangan janin di dalam kandungan. Selain kandungan lebih kuat, ibu hamil juga bisa terhindar dari sembelit dan juga osteoporosis

  • Ikan Tawar

Berbagai jenis ikan tawar segar bisa bermanfaat untuk menguatkan kandungan. Ikan kaya akan kandungan protein dan juga kaya akan omega-3. Kandungan yang ada di dalam ikan itu bisa menguatkan kandungan ibu hamil. Namun ikan bisa menjadi makanan berbahaya bagi ibu hamil, jika dimasak mentah dan mengandung merkuri.

  • Udang

Salah satu makanan laut yang bermanfaat untuk menguatkan kandungan adalah udang. Udang memiliki kandungan protein yang tinggi, di dalam 100 gram udang terdapat 20 gram protein dengan tingkat tinggi. Mengkonsumsi 100 gram setiap hari bisa mencukupi kebutuhan protein dalam tubuh ibu hamil sebanyak 40 persen. Untuk menguatkan kandungan, ibu hamil bisa mengkonsumsi udang sedikitnya 100 gram sehari.

  • Susu

Susu memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain tinggi protein, susu juga kaya akan kalsium, sehingga bisa berguna sebagai makanan penguat kandungan. Disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi susu murni yang telah dipasteurisasi dan disterilkan, Sehingga kandungan bakteri dalam susu tersebut bisa dimatikan dan aman jika dikonsumsi.

Ikan salmon adalah ikan laut yang kaya akan kandungan protein, omega-3 dan juga kaya akan manfaat asam folat untuk ibu hamil dan janin. Mengkonsumsi ikan salmon yang di tim bisa memberikan dukungan terhadap kandunganyang tetap kuat dan tidak gugur. Selain itu kandungan asam folat dalam ikan salmon bermanfaat untuk perkembangan otak janin.

  • Apel

Apel adalah salah satu buah yang bisa dijadikan sebagai makanan penguat kandungan. Hal itu dikarenakan di dalam apel terdapat kandungan antioksidan yang tinggi dan juga kaya akan vitamin C. Kedua kandungan tersebut bermanfaat untuk menguatkan kandungan ibu hamil.

  • Madu

Madu adalah glukosa alami yang aman untuk dikonsumsi. Selain bermanfaat untuk menguatkan kandungan, madu juga bisa bermanfaat dalam menambah dan menjaga stamina ibu hamil. Mengkonsumsi madu terutama madu sari kurma sebaiknya dua kali sehari sebanyak satu sendok makan. Zat galian yang ada pada madu bermanfaat untuk bisa menguatkan kandungan ibu hamil.

  • Kurma

Mengkonsumsi kurma bisa menjadi alternatif bagi ibu hamil yang ingin menguatkan kandungan. Bagi ibu hamil yang tidak suka madu, mengkonsumsi kurma bisa menjadi alternatif yang bisa diambil ibu hamil. Selain menguatkan kandungan, manfaat kurma untuk ibu hamil, juga untuk meningkatkan hb bagi ibu hamil.

  • Madu Bee Pollen

Madu bee pollen adalah madu yang dicampurkan dengan pollen lebah. Kandungan pollen tersebut kaya akan protein. Protein yang ada dalam pollen bermanfaat untuk menguatkan kandungan ibu hamil. Di dalam bee pollen juga kaya akan vitamin, mineral dan enzim yang bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil.

  • Buah Alpukat

Buah alpukat adalah buah yang kaya akan lemak tidak jenuh, vitamin E dan juga berbagai macam vitamin dan mineral. Mengkonsumsi manfaat alpukat untuk ibu hamil, ketika dikonsumsi  seacar teratu  bisa menguatkan kandungan ibu hamil karena kandungan gizinya yang lengkap.

Demikian beberapa jenis makanan yang dapat mengkuatkan kandungan ibu hamil. Selamat atas kehamilannya semoga diberikan kesehatan selalu. dan semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca sekalian.

Category: Edukasi, Tips kesehatan

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: