Makanan Penyebab Perut Kembung pada Ibu Hamil

| August 24, 2015 | 0 Comments

perut Kembung ibu hamilSetiap orang tentu pernah mengalami masalah perut, baik pada bayi baru lahir ataupun orang dewasa, termasuk ibu hamil. Bisa jadi penyebabnya adalah makanan. Kebiasaan makan yang tidak tepat, seperti menelan udara saat mengunyah dapat membuat Ibu hamil mengalami perut kembung.

Terlebih pada saat kehamilan, beberapa makanan diduga menjadi pemicu masalah perut. Terkadang beberapa ibu menyusui pun menderita masalah perut, karena makanan ini. Berikut ini beberapa makanan pemicu perut kembung saat kehamilan:

10 Makanan yang dapat mengakibatkan perut kembung saat hamil :

  • Kubis

Ketika anda hamil sebaiknya dapat mempersiapkan pengetahuan dalam penanganan keluhan yang sering terjadi, salah satunya makanan yang dapat mengakibatkan perut kembung. Perut kembung dapat dipicu oleh makanan yang memicu timbulnya gas di dalam perut. Kubis, adalah sayuran yang dapat memperlambat pencernaan pada ibu hamil selain itu dapat menyebabkan rasa mulas.

  • Kacang

Meskipun kacang dianggap sebagai makanan yang baik untuk ibu hamil akan tetapi tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak dikarenakan adanya anggapan kandungan raffinose yang menyebabkan gas. Untuk mengurangi pemicu gas yang menyebabkan perut kembung, anda dapat merendam kacang kemudian menyuci secara menyeluruh sehingga dapat mengurangi kandungan yang memicu gas.

  • Makanan yang digoreng / Gorengan

Kandungan lemak yang sering kali terdapat pada makanan yang digoreng dapat berbahaya untuk kesehatan, selain itu makanan yang digoreng akan sulit dicerna sehingga ketika anda hamil dapat menghindari masalah. Hindari makanan yang digoreng dan juga berlemak seperti goreng-gorengan, kentang goreng, daging yang mengandung banyak lemak.

  • Apel

Gizi apel memang sangat baik untuk kesehatan, akan tetapi bagi anda yang sedang hami dan mengeluhkan perut kembung sebaiknya mengatur pola konsumsi apel, seperti yang dilansir dalam situs bodysky kanduangan pektin di dalam buah apel dapat memicu gas dan membuat anda tidak nyaman.

  • Lobak

Sama halnya dengan apel, kandungan lobak dapat memicu gas di dalam perut sehingga menyebabkan gangguan seperti kembung. Selain lobak, paprika hijau dan bawang dapat mengakibatkan kembung selama kehamilan sehingga konsumsinya dapat dikurangin.

  • Minuman Ringan

Kurangi konsumsi minum dingin dan minuman berkarbonasi saat hamil, hal ini berhubungan dengan perut kembung dan masalah lambung yang dapat dipicu oleh masalah tersebut. Selain itu minuman yang berkarbonasi lebih memungkinkan untuk udara masuk ke dalam saluran pencernaan dan memicu ketidaknyaman ketika mengkonsumsi makanan.

  • Keju

Anda dapat mengurangi konsumsi keju, salah satu alasannya dikarenakan dapat menyebabkan gas lambung meningkat. Hindari keju yang tidak menggunakan proses pasteurisasi karena banyak sekali mikroorganisme yang berbahaya untuk kesehatan janin.

  • Kentang

Kandungan pati di dalam kentang dapat berbahaya, sehingga memperlambat pencernaan dan juga akan membuat bakteri di dalam usus besar menjadi masalah pencernaan sehingga memicu penumpukan gas, menyebabkan perut kembung.

  • Mentimun

Sayuran ini banyak sekali mengandung air, tapi anda harus mengetahui bahwa sayuran yang mengandung air tidak hanya membuat pencernaan lancar akan tetapi menyebabkan beberapa kondisi kesehatan salah satunya perut kembung. Hindari makan ketimun yang dapat bermasalah dengan lambung.

  • Jagung

Apabila anda mengunyah makanan tidak sempurna maka akan memicu masalah lambung, salah satunya adalah jenis makanan seperti jagung. Konsumsi jagung dapat menyebabkan nyeri pada perut dan perut kembung bagi anda yang tidak mengunyah dengan benar.

Category: Tips kesehatan

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: