Manfaat Demam untuk Tubuh secara Islam Maupun Medis

| January 20, 2015 | 0 Comments

suhu tinggiDemam adalah suatu keadaan saat suhu badan melebihi 37 derajat C yang disebabkan oleh penyakit atau peradangan. Demam juga bisa merupakan pertanda bahwa sel antibodi manusia ( sel darah putih ) sedang melawan suatu virus atau bakteri.

Terkadang kita sering melihat atau bahkan mengalami sendiri, manakala sang buah hati atau kita sendiri sedang demam tinggi sering kita mengeluh dan menyalahkan demam itu dan bahkan mencelanya. Kita cenderung tidak sabar menerimanya. Kita menggunakan segala cara agar demam segera reda dan tubuh kembali sehat.

Padahal jika kita mau mengetahui lebih dalam tentang demam,ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan darinya. Mungkin kita terheran, Kok Bisa? Bagaimana Mungkin demem justru bermanfaat? Untuk menjawab rasa penasaran kita langsungsaja kita bahas manfaat demam untuk tubuh.

Manfaat Demam Untuk Tubuh.

  • Menghilangkan Dosa

Sebagian orang tidak sabar dalam menerima musibah atau suatu yang tidak sesuai dengan kehendak hatinya dan cenderung mencelanya, termasuk demam. Padahal musibah atau sakit demam akan dapat mengurangi dan menghilangkan dosanya. Maka jangan lagi mencela demam yaa…

Terdapat larangan dalam syariat agar kita tidak mencela demam. dari Jabir radiyallahu ‘anhu,

“Bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam menjenguk Ummu as-Saib (atau Ummu al-Musayyib), kemudian beliau bertanya, ‘Apa yang terjadi denganmu wahai Ummu al-Sa’ib (atau wahai Ummu al-Musayyib), kenapa kamu bergetar?’ Dia menjawab, ‘Sakit demam yang tidak ada keberkahan Allah padanya.’ Maka beliau bersabda, ‘Janganlah kamu mencela demam, karena ia menghilangkan dosa anak Adam, sebagaimana alat pemanas besi mampu menghilangkan karat’.“

  • Meningkatkan Imunitas/ Kekebalan Tubuh.

Demam merupakan proses adaptasi dan penyesuaian tubuh dikarenakan adanya serangan infeksi atau peradangan yang disebabkan oleh virus.

Demam juga mempu menjadi endoktoksir atau menetralisir efek racun yang masuk dalam tubuh serta mengeluarkan racun tersebut dari dalam tubuh.

  • Mencegah penyakit jantung, Stroke, dan penyakit ganas lainnya.

Demam mampu mencegah seseorang menderita penyakit yang lebih parah seperti jantung, stroke, dll. Yaitu, suhu panas padtu tubuh ketika demam akan mampu melancarkan peredaran darah dan menghilangkan sumbatan-sumbatan pada pembuluh darah atau tempat lain seperti persendian yang itu dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit gagal jantung, stroke, reumatik, dll.

  • Mengatasi Penyakit mata pada anak dan orang Tua.

Orang tua yang menderita penyakit mata akan meras lebih baik setelah ia menderita demam, dan ini sering terjadi tanpa disadari.

Subhanallah… penyakit demam yang sering kita cela dan salahkan ternyata memiliki begutu besar manfaat dibaliknya.

Sebagai tambahan wawasan pakar kedokteran barat mulai mengamati beberapa penyakit menahun seperti reumatik persendian dimana sering menibulkan kram pada persendian sehingga tidak mampu bergerak atau penyakit sifilis menahun pada organ syaraf dan kondisi mereka membaik bila panas tubuh meningkat / terjadi demam. Sehingga mereka membuat demam buatan sebagai terapi pengobatan.

Salah satu bulletin world health organization ( WHO ) pernah menerbitkan sebuah pernyataan dimana berdasarkan bukti ilmiah yang mengesankan bahwa demam merupakan respon yang universal dan biasanya bermanfaat dalam melawan infeksi dan dalam bulletin itu juga disebutkan bahwa penggunaan obat penurun panas sebaiknya dihindari.

Demikian pembahasan kita kali ini terkait dengan manfaat Demam untuk tubuh secara Islam Maupun Medis.

Category: Edukasi, Tips kesehatan

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: