Manfaat Garam Yodium untuk kesehatan tubuh

| December 16, 2014 | 0 Comments

garamGaram atau (NaCl) adalah zat yang dibutuhkanoleh tubuh untuk memelihara kesehatan. Namun kebutuhan garam dalam tubuh tidaklah banyak dan jika kebanyakan garam dalam tubuh justru akan berbahaya bagi kesehatan. dan Untuk pembahasan kali ini kita baru akan menyampaikan tentang manfaat garam bagi kesehatan sedang efek buruk gkelebihan zat garam dalam tubuh akan kita bahan dilain waktu yaaa…

Banyak orang yang mengatakan masakan tanpa garam tidak akan  nikmat rasanya. Sehingga banyak orang yang menambahkan garam kedalam masakan mereka secara berlebihan. Padahal jumlah kebutuhan garam oleh tubuh kita tidaklah banyak. Untuk orang dewasa hanya membutuhkan maksimal 2 sendok teh garam per harinya. Sejak beberapa puluh tahun yang lalu, pemerintah telah menggalakkan penggunaan garam beryodium kepada masyarakat. Sebenarnya apa saja manfaat garam beryodium? Iodium atau yang lebih dikenal masyarakat sebagai yodium adalah sejenis elemen mineral mikro yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Sebenarnya yodium tidak hanya terkandung pada garam saja. Namun, masyarakat kebanyakan lebih familiar dengan garam beryodium daripada sumber makanan lain yang mengandung yodium.

Berikut ini adalah beberapa manfaat garam beryodium bagi kesehatan tubuh:

  1. Membantu pemeliharaan kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid berperan penting dalam pengaturan metabolisme tubuh.
  2. Membantu menghindarkan penyakit gondok, gangguan pendengaran, tubuh cebol, dan semangat rendah
  3. Mencegah penyimpanan lemak secara berlebih. Yodium mampu memanfaatkan kalori secara optimal, sehingga lemak cepat terpakai .
  4. Membantu menghilangkan racun dari tubuh. Racun kimia yang bisa dikeluarkan oleh garam beryodium antara lain: air raksa, fluoride, dan racun biologisi lainnya.
  5. Membantu proses pertumbuhan rambut. Kekurangan yodium dapat menyebabkan rambut rontok.
  6. Memaksimalkan metabolisme tubuh dalam memanfaatkan kalsium
  7. Membantu kenormalan proses pertumbuhan dan kematangan organ reproduksi. Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi yodium sesuai kebutuhan agar janin dapat bertumbuh dengan baik.
  8. Membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Mengapa? Karena garam beryodium bisa mencegah perkembangbiakan bakteri yang merugikan di dalam perut.
  9. Mengurangi sakit gigi dan bau mulut. Kebiasaan berkumur menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam akan mengurangi rasa berdenyut saat sakit gigi dan bau mulut yang tidak sedap.
  10. Menghilangkan pegal di kaki. Merendam kaki dalam campuran air hangat dan garam dapat mengenyahkan kaki pegal. Lakukan bergantian dengan rendaman air dingin. Kaki Anda akan pulih seperti sedia kala.

Demikian 10 manfaat zat garam bagi kesehatan. Semoga dengan pembahasan kali ini kita tambah paham dan dapat menjaga kesehatan diri dan keluarga kita dari berbagai penyakit yang sewaktu-waktu dapat menyerang. Terima Kasih.

Category: Tips kesehatan

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: