MANFAAT GULA AREN

| July 26, 2012 | 0 Comments

Gula aren menurut para peneliti cukup baik dibanding gula yang dibuat dari bahan yang lain. Gula aren cukup mengandung kalori yang tinggi.

Pertama : selain glukosa, gula aren mengandung protein kasar, mineral dan vitamin. Kedua : warna coklatnya ternyata adalah kandungan serat makanan yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Dan ketiga : terdapat senyawa-senyawa yang berfungsi menghambat penyerapan kolesterol.

Manfaat gula aren :

  1. Meningkatkan sisitem kekebalan tubuh
  2. Mencegah dan mengatasi diabetes
  3. Menurunkan darah tinggi
  4. Menurunkan kolesterol
  5. Membantu mengatasi kolesterol
  6. Membantu mengatasi maag, asam urat dan rematik
  7. Menyembuhkan masuk angin
  8. Meningkatkan daya ingat dan kosentrasi
  9. Mengatasi osteoporosis
  10. Meringankan penderita Asthma
  11. Mengatasi gangguan tidur dan stress
  12. Membantu melangsingkan tubuh

Pada makanan atau minuman itu biasanya terkandung pemanis. Sering kali masyarakat kurang menyedari apakah pemanis yang ada dalam bahan konsumsi itu aman bagi kesehatan atau tidak. Padahal, tidak sedikit dari makanan yang notabene membahayakan kesehatan.

Demi menghindari efek negatif dari pemanis buatan, seyogianya masyarakat kembali kealam alias mengonsumsi makanan dan minuman yang dibuat dari gula asli. Salah satu jenis pemanis natural itu ialah gula dari pati-patian.

Gula aren atau sering diebut gula merah merupakan salah satu jenis gula dari pati-patian. Gula aren kerap diasosiasikan pula dengan segala jenis gula yang dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon keluarga palma, seperti kelapa, aren, dan siwalan.

Selain itu, gula aren mengandung nitrogen, klorida, sulfur, dan boron yang tidak dimiliki pemanis lainnya.

Secara alamiah, gula aren yang biasanya digunakan untuk pemanis pada kecap memiliki Index Gycemic yang rendah. Hal itu menunjukkkan gula aren aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes atau efektif untuk menurunkan berat badan.

Gula aren melepaskan energinya secara perlahan sehingga tidak akan terjadi kenaikan atau penurunan kadar gula secara tiba-tiba, terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Berdasarkan hasil penelitian Philippine Food and Nutrition Reaseach Institute, diketahui bahwa gula aren memiliki kandungan makro nutrien yang lebih banyak dari pada gula madu dan tebu.

Secara umum, pemanis yang terbuat dari nira aren terbilang alami dan organik karena diproduksi tanpa memakai zat kimia sintetis maupun pewarna buatan.

Category: Tips kesehatan

Leave a Reply

%d bloggers like this: