Manfaat Pijat Refleksi Tangan untuk kesehatan

| November 24, 2014 | 0 Comments

Manfaat reflexology atau pijat refleksi bagi kesehatan ini tidak perlu diragukan lagi. Kalau selama ini orang lebih mengenal pijat refleksi kaki, sebenarnya manfaat yang sama bisa anda dapatkan lewat pijat refleksi tangan(hand reflexology). Pijat refleksi lewat tangan tangan ini relatif mudah, hampir tiap orang bisa melakukannya.

Anda pun bisa melakukan pijat ini disela-sela rutinitas kantor, pekerjaan atau dalam suasana santai sambil menonton TV atau bercengkerama dengan keluarga. Tidak perlu kursus layaknya terapis pijat profesional. Pada prinsipnya pijatan atau tekanan pada semua titik di tapak dan punggung tangan tetap bermanfaat. Memang akan lebih optimal jika anda paham letak titik syaraf yang ada. Nammun bagi yang tidak paham letak titik syaraf pada tangan, jangan khawatir karena disini anada bisa melihat gambar titik syaraf pada tangan. Berikut penampang titik syaraf pada tangan kanan dan kiri.

telapak tanganManfaat Pijat Refleksi Tangan.

Mencegah Stroke.

Dengan memijat jari tangan secara teratur setiap hari, aliran darah di kepala juga akan bertambah lancar. Yang mulai tersumbat bisa menjadi lancar kembali. Dengan demikian, pijat jari tangan juga dapat mencegah terjadinya stroke.

Menyembuhkan Sakt Kepala.

Pijat Refleksi jari tangan juga dapat menyembuhkan sakit kepala. Untuk menghilangkan sakit kepala titik yang akan terasa sakit saat dipijat adalah pada jari Telunjuk bagian depan.

Mengatasi Diabetes.

Pijat Refleksi tangan juga dapat mengatasi penyakit diabetes.

Mengatasi Tekanan Darah tinggi.

Permasalahan kepala tentang darah rendah memang sangat banyak diderita. Nah untuk mengatsinya anda cukup dengan melakukan pijat refleksi pada bagian punggung tangan.

Cara Melakukan Pijat Refleksi Jari Tangan :

  • Mulailah memijit dari jari jempol, dilanjutkan dengan jari telunjuk, jari tengah, jari manis, dan jari kelingking. Tujuannya agar aliran energi 5 Elemen mengalir teratur dari elemen Ether, Udara, Api, Air, dan Bumi.
  • Masing-masing jari dipijat selama 1 menit. Jadi 10 jari perlu waktu kira-kira 10 menit.
  • Jari dipijat dari arah pangkal ke arah ujung atau kuku.
  • Jari dipijat dengan posisi depan-belakang jari, dan kemudian dipijat dengan posisi samping kiri-kanan jari, untuk masing-masing jari.
  • Jari bisa dipijat kapan saja, yaitu ketika sedang santai, menonton TV, mengobrol, atau ketika naik mobil bila ada supir.

Ada sedikit perbedaan antara pijat refleksi pada kaki dan pada tangan ini. Jika pada kaki syaraf berhubungan dengan seluruh organ kita, tapi kalau tangan lebih banyak pada kepala. walaupun demikian tapi banyak pula titik syaraf pada tangan yang berhubungan dengan organ tubuh kita. Berikut ini adalah keterkaitan antara jari tangan dengan kepala.

  1. Jari jempol mewakili posisi bagian tengah kepala. Jari kelingking mewakili posisi pinggir kepala.
  2. Tangan kiri mewakili kepala bagian kanan. Tangan kanan mewakili kepala bagian kiri.
  3. Bagian depan jari mewakili bagian depan kepala. Bagian belakang jari mewakili bagian belakang kepala.
  4. Sisi kiri dan kanan mewakili bagian dalam kepala.

Demikian sedikit pambahasan mengenai pijat refleksi pada tangan semoga dapat membantu mengatasi permasalahan kesehatan kita dan keluarga. Semoga kita selalu diberi kesehatan dan SELAMAT MENCOBA…

Category: Tips kesehatan

Leave a Reply

%d bloggers like this: