Penyebab dan cara mengatasi jenis kulit wajah kering dan kusam

| May 5, 2015 | 0 Comments

kulit keringWajah yang kusam dan kering merupakan masalah kulit muka yang banyak di pengaruhi oleh iklim atau cuaca alam yang cukup ekstrem di samping ada juga penyebab dari dalam seperti makanan dan gaya hidup yang kurang sehat. Sebelum kita panjang lebar membahas bagaimana cara mengatasi kulit wajah yang kering , perlu kita ketahui terlebih dahulu apa saja penyebab kulit wajah menhadi kering. Ada beberapa penyebab kulit wajah menjadi kering , mulai dari faktor luar sampai faktor dari dalam diri, Berikut diantaranya?

  • Sinar terik matahari.

Panas matahari langsung dengan suhu di atas 35 % akan sangat mudah membuat kelembaban kulit berkurang, kulit menjadi kering dan dehidrasi berat. Kulit kering dan kusam biasanya banyak penumpukan sel kulit mati yang menyumbat pori pori kulit. Hal ini yang akan memicu bakteri jerawat dan berminyak.

  • Serampangan dalam memakai produk perawatan kulit.

Ketidak telitian dalam menentukan pembelian produk kosmetik alhasil akan malah membuat kulit wajah teriritasi, kusam dan kering bahkan hingga memicu kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak serta menimbulkan jerawat baru. Jadi berhati hatilah memilih kosmetik pastika halal, berbahan herbal serta bebas kimia merkuri dan hidroqinon.

  • Kebiasan hidup yang buruk.

Rasa stres berkepanjangan, alkohol, rokok, begadang akan membuat muka menjadi lebih tua dari umur yang sebenar, muka terlihat pucat, kusam dan kering. Alkohol juga di sinyalir menjadi penyebab jerawat. Solusinya lakukan pola hidup sehat dan bersih.

  • Pemakaian sabun mandi.

Selain pemakaian sabun mandi yang kurang berkwalitas atau tidak cocok untuk kulit, terlalu sering menggosok wajah dengan sabun justru beresiko membuat pori pori kulit menjadi besar dan kasar, efeknya kulit jadi terlihat lebih kusam dan kering. Jadi gosoklah wajah  dengan tekanan yang lembut ketika mandi.

  • Kurangi kebiasaan mandi air hangat.

Terlalu keseringan mandi air panas akan membuat kelembaban kulit menipis dan mudah kering, ujung ujungnya kulit wajah jadi kusam dan kasar karena kadar lembab sel sel berkurang, jadi kurangi.

  • Faktor radikal bebas.

Polutan, debu, asap merupakan faktor eksternal yang sangat merugikan kulit wajah, polutan yang menempel di kulit akan membuat pori pori sulit bernafas karena sumbatan debu, proses ini akan membuat bakteri mudah berkembang biak, sel kulit mati menebal, alhasil wajahmua pasti akan kelihatan kusam dan kering.

  • Faktor dari dalam tubuh itu sendiri.

Hal ini lebih di sebabkan oleh faktor hormon yang tidak seimbang seperti masa menstruasi, masa pubertas, tekanan psikologis, pengunaakan alat KB yang mempengaruhi kinerja hormon tubuh.

Cara Mengatasi Kulit wajah Kering secara alami

Untuk perawatan kulit wajah agar sehat terpenuhi nutrisinya, kita bisa membuat ramuan masker wajah sendiri dengan memanfaatkan berbagai jenis buah dan sayur alami tradisional, selain terkenal lebih murah ekonomis, namun memiliki daya positif yang tinggi untuk menghindarkan wajah anda dari kusam kering berminyak plus jerawat. Berikut adalah beberapa resep masker wajah berbahan alami yang bisa anda cobakan ke wajah anda:

  • Masker putih telur.

Oleskan putih telur ayam kampung ke seluruh bagian wajah, diamkan 30 menit dan bersihkan dengan air. Rutin melakukannya akan membuat wajah anda terlihat lebih segar tanpa takut kusam dan kering apalagi jerawatan.

  • Sinergikan madu asli dan aloe vera.

Madu murni lebah liar hutan memiliki lebih tinggi kandungan anti bakteri dan aloevera bagus sebagia obat herbal anti radang, jadi mensinergikan 2 bahan ini akan baik mengatasi jerawat, kusam dan kulit berminyak.

Cara membuat resepnya adalah campurkan madu asli dan lendir lidah buaya secukupnya, aduk rata kemudian jadikanlah sebagai masker wajah. Rutinkan seminggu 3 kali untuk hasil yang memuaskan.

  • Masker yoghurt.

Yoghurt cukup bagus merontokan sel sel kulit mati pada kulit wajah dan berminyak, cukup dengan mengoleskan merawat ke seluruh lekukan wajah dan biarkan 15 menit anda akan mendapatkan sensasi kulit yang lebih dingin dan lembab.

Demikian beberapa cara mengatasi dan merawat kulit wajah kering, sebenarnya masih sangat banyak cara yang bisa dilakukan sendiri di rumah untuk mengatasi kulit wajah yang kering. Mudah Mudahan lain waktu bisa kita share lagi untuk cara yang lainnya. Terima kasih dan selamat mencoba semoga bisa mengatasi permasalahan wajah anda.

Category: Tips kesehatan

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: