Penyebab Telinga Berdengung dan solusinya

| March 10, 2015 | 0 Comments

tinitusTelinga Berdenging atau dikenal dalm bahasa medis sebagai Tinitus, sangat banyak dikeluhkan sebagai suatu bising atau bunyi yang muncul di kepala dan sangat mengganggu. Akan tetapi Tinitus menurut medis bukanlah suatu penyakit atau sindroma, tetapi hanyalah gejala yang mungkin berasal dari satu atau sejumlah kelainan.

Tinitus lebih sering dijumpai pada mereka yang pad rentan usia pertengahan hingga tua. Menurut National Centre for Health Statistics Amerika, sekitar 32% orang dewasa pernah mengalami tinitus, dan 6% nya sangat menggangu dan cukup sulit disembuhkan. Meski Tinitus bukanlah keadaan yang membahayakan, munculnya gejala ini pada hampir kebanyakan orang sangat mengganggu dan sering mempengaruhi kualitas hidup seseorang.

Tinitus dapat disebabkan banyak fakto, mulai dari kondisiyang normal hingga keadaan yang membutuhkan terapi medih dan bahkan sampai operasi. Ada beberapa gejala yang harus kita curigai apabila menderita Tinitus, karena itu bisa jadi tinitus yang tidak seperti normalnya.

Adapun Gejalanya yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Telinga berdenging yang disertai dengan berkurangnya kemampuan pendengaran.
  • Telinga berdenging yang bersifat pulsatile (berdenyut seirama dengan denyut jantung).
  • Telinga berdengung yang disertai perubahan sifat atau kepribadian seseorang.

Bagi sebagian orang Tinitus bersifat sementara namun ada juga yang mendengarnya terus-menerus Suara berdengung yang terdengar bisa jadi karena ada kelainan atau abormalitas pada sistem auditori atau saraf.

Jika mengalami hal-hal diatas sebaiknya segera memerikasakan ke dokter spesialis THT. Karena tinitus biasanya merupakan gejala umum dari penyakit meniere, tuli sementara, dan tekanan pada telinga, yang ini bisa terjadi selama berjam-jam bahkan bisa menyebabkan tuli permanen. Dan biasanya penyakit meniere ini hanya diderita pada sebelah telinga saja.

Solusi terbaik dari permasalahan ini adalah dengan berkonsultasi dan melakukan pengobatan pada dikter spesialis THT.

Category: Macam-Macam Penyakit dan Cara Pengobatannya, Tips kesehatan

Leave a Reply

You might also likeclose
%d bloggers like this: